Hajatan Sudah Boleh Digelar di Kabupaten Bandung

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 06:30 WIB
[Ilustrasi] Resepsi pernikahan pada masa pandemi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[Ilustrasi] Resepsi pernikahan pada masa pandemi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung telah memperbolehkan acara hajatan baik pernikahan, khitanan, maupun pesta lainnya dengan protokol kesehatan ketat. Dengan demikian, seniman dan budayawan bisa kembali beraktivitas di panggung hajatan.

"Sudah diputuskan, hajatan dibolehkan. Tetapi dengan protokol kesehatan ketat," ujar Bupati Bandung Dadang Supriatna saat Dialog dengan Budayawan dan Seniman di Jelekong, Baleendah, Rabu, 13 Oktober 2021.

Dibolehkannya hajatan dengan protokol kesehatan ketat, diharapkan menjadi kebangkitan ekonomi di kalangan pelaku seni dan budaya saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cara Seniman Bertahan Hidup saat Pandemi, Jadi Youtuber Hingga Jual Alat Kesenian

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan mengatakan, pihaknya saat ini juga tengah mempersiapkan skema agar pelaku kesenian dan kebudayaan bisa hidup walaupun ke depan pandemi masih tetap ada.

"Kami melakukan kolaborasi dengan pelaku seni budaya juga akademisi untuk bagaimana menyikapi dan mencari solusi bagi seniman dan budayawan menghadapai pandemi," ujarnya.

Seniman dan budayawan juga akademisi, kata Wawan, melakukan dialog untuk mencari solusi tersebut. Hasil dari pembicaraan akan menjadi referensi ke depan.

"Masukan dari seniman, budayawan dan akademisi terkait strategi yang harus dilakukan nanti akan dijadikan rekomendasi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan," ujarnya.

Paling tidak, 2022 pihaknya telah memiliki skema penanganan bagi palaku kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Bandung supaya bisa tetap hidup dari seni dan budaya walupun ada sejumlah pembatasan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa Belum Vaksin di Cimahi Dilarang Ikut PTM

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:54 WIB
X