Pungli Parkir Rp150 Ribu di Lembang, Ini Komentar PHRI

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:55 WIB
ilustrasi kemacetan di jalur wisata Lembang; Pelaku wisata di Kabupaten Bandung Barat tak akan mempengaruhi angka kunjungan ke kawasan Lembang. Wisata Lembang telah terkenal sejak dulu. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
ilustrasi kemacetan di jalur wisata Lembang; Pelaku wisata di Kabupaten Bandung Barat tak akan mempengaruhi angka kunjungan ke kawasan Lembang. Wisata Lembang telah terkenal sejak dulu. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Pelaku wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yakin kasus pungli parkir Rp150 ribu yang membuat heboh media sosial tak akan mempengaruhi angka kunjungan ke kawasan Lembang.

Pasalnya, Lembang sebagai destinasi wisata telah terkenal sejak dulu. Namanya tak akan luntur hanya karena kasus tersebut. Apalagi kawasan Lembang dianggap sudah menjadi salah satu icon wisata di Jabar.

"Gak akan jadi turun menurut saya. Tapi kalau dibiarkan dengan pelayanan yang buruk, jangka panjang yang akan jadi masalah," kata Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung Barat, Eko Supriyanto saat dihubungi, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Sering Mulas saat Gugup? Ini Penyebabnya

Ia mencontohkan seperti halnya harga pecel lele di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta yang viral lantaran harganya mahal. Namun, viralnya kuliner malah itu nyatanya tak menyurutkan wisatawan untuk datang ke sana.

Tapi yang dikhawatirkan Eko adalah ke depannya. Sebagai pelaku wisata dirinya khawatir terhadap mental warga yang kehilangan sapta pesonanya. Untuk itu, dirinya meminta warga yang bergerak sebagai pelaku wisata seperti halnya juru parkir untuk menanamkan sadar wisata.

"Sekarang pelaku pelaku wisata mestinya sadar dengan sapta pesona karena kalau tidak nanti kelakuan-kelakuan yang buruk akan terus menjalar nih. Itu baru penarikan parkir nanti mungkin objek yang sudah dibangun dirusak, mungkin konsumen dipalak. Nah ini yang bahaya," ungkap Eko.

Baca Juga: 22 HP Murah RAM Besar Baterai Jumbo 1 Jutaan Terbaik 2021

Untuk itu, dirinya meminta Pemkab Bandung Barat untuk melakukan pembinaan terhadap para pelaku wisata. Termasuk juru parkir yang biasa memanfaatkan moment ketika kunjungan wisatawan meningkat sehingga membuka parkir liar.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Covid-19 Bandung Barat, Kasus Tersisa 16

Senin, 25 Oktober 2021 | 08:30 WIB

Rumah Retak Akibat Blasting PT KCIC Ditinjau KLHK

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:44 WIB
X