Akhir Oktober Diprediksi Awal Musim Hujan di Bandung Raya 

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:47 WIB
ilustrasi -- BMKG memprediksi awal musim hujan di wilayah Bandung Raya di mulai pada akhir Oktober mendatang. Puncak musim hujan diprediksi Januari 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
ilustrasi -- BMKG memprediksi awal musim hujan di wilayah Bandung Raya di mulai pada akhir Oktober mendatang. Puncak musim hujan diprediksi Januari 2022. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Meteorologi Klimatologi dam Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi awal musim hujan di wilayah Bandung Raya di mulai pada akhir Oktober mendatang. Sedangkan puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari tahun 2022.

"Musim hujan untuk wilayah Bandung Raya diprediksi akan di mulai pada akhir dasarian II Oktober 2021 sedangkan puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada bulan Januari 2022," ujar Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu dinukil Republika.co.id, Rabu (13/10/2021).

Ia menuturkan saat ini Bandung Raya sudah memasuki musim peralihan pada September hingga awal Oktober 2021. Kondisi curah hujan musim peralihan diprediksi akan mengalami peningkatan dan akan meningkatkan potensi bencana di wilayah Bandung Raya.

Baca Juga: Rekomendasi 17 HP Xiaomi Murah Mulai 1 Jutaan Terbaru September 2021

Selanjutnya, Bandung Raya yang berada di wilayah Cekungan Bandung memiliki potensi bencana seperti banjir, tanah longsor. Selain itu, masih terdapat potensi bencana lainnya seperti hujan es, angin kencang dan puting beliung.

Teguh melanjutkan, curah hujan diprediksi meningkat antara 15 sampai 60 persen dari kondisi normal. Hal tersebut akan memicu peningkatan potensi bencana.

"Kondisi peningkatan potensi bencana tersebut diprediksi akan mulai terjadi sejak pertengahan dasarian II September hingga puncak musim hujan di bulan Januari 2022," katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana selama peralihan musim hingga masuk musim hujan pada Oktober. Masyarakat yang berada di wilayah perbukitan, sekitar DAS Citarum, dan perkotaan diharapkan meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: 23 Daftar Harga HP Samsung dan Spesifikasinya, Termurah dan Terbaru Oktober 2021

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa Belum Vaksin di Cimahi Dilarang Ikut PTM

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:54 WIB
X