Ratusan Elang Lintasi Tahura Djuanda dalam Puncak Migrasi, Terlihat di Tebing Keraton

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 07:00 WIB
Ratusan elang melintasi Tebing Keraton dalam puncak migrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ratusan elang melintasi Tebing Keraton dalam puncak migrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan elang diprediksi akan melakukan migrasi dari langit utara menuju selatan. Peristiwa musiman ini dapat teramati dari Tebing Keraton, Taman Hutan Raya Ir Juanda (Tahura), Kota Bandung.

Kepala Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya Ir Djuanda (Tahura) Bandung, Lianda Lubis mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan sejak awal September lalu. Pemantauan dilakukan bersama tim Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEJ).

"September sampai Oktober ini saatnya melintasi Tahura, sebetulnya kalau secara umum di Indonesia (masa migrasi) sampai Februari. Setelah Oktober, geser sedikit ke Jawa Tengah, Jawa Timur," katanya saat dihubungi suara.com, Selasa, 12 Oktober 2021.

Baca Juga: Tahura Djuanda Ditutup Sampai 22 Februari

Dari hasil pemantauan, kata Lianda, terdapat puluhan bahkan hingga ratusan elang yang sudah melintasi Tahura. Biasanya, migrasi itu dapat teramati baik sejak pagi hingga sore hari selama tidak turun hujan.

Lianda mengatakan, terdapat beberapa spesies yang terpantau di antaranya elang brontok, elang jawa, elang hitam, alap-alap sapi, elang jambul, elang sikep madu, alap-alap cina, dan spesies lainnya.

Ia menuturkan, beberapa di antaranya kerap singgah di Tahura, bersarang dan memilih hidup di sana. Dalam Empat tahun terakhir, misalnya, tercatat sekitar ada delapan jenis elang migran yang hidup di Tahura

"Beberapa singgah di Tahura, meskipun yang tahun ini belum terlihat sudah ada yang singgah atau tidak. Tapi dalam empat tahun terakhir ada delapan spesies migran yang singgah dan tidak terbang lagi. Mungkin mereka betah, merasa Tahura asyik," kata Lianda.

"Tadi pagi, sekitar pukul 06.00 WIB, terpantau banyak elang melintas, mungkin bisa mencapai ratusan (burung)," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X