Transgender Boleh Punya KTP Elektronik dari Disdukcapil Kota Bandung

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:33 WIB
[Ilustrasi e-KTP] Disdukcapil Kota Bandung membuka bagi transgender yang ingin memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). (Ayobandung.com/Aris Abdulsalam)
[Ilustrasi e-KTP] Disdukcapil Kota Bandung membuka bagi transgender yang ingin memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). (Ayobandung.com/Aris Abdulsalam)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung mempersilakan transgender yang ingin memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) untuk segera mendaftarkan diri ke kantor Disdukcapil.
 
Kepala Disdukcapil, Tatang Muhtar membeberkan, syarat bagi transgender yang ingin memiliki e-KTP, mereka harus menyertakan bukti putusan pengadilan terkait perubahan jenis kelamin.

"Kalau dia transgender, (contoh) saya (laki-laki) beralih menjadi perempuan bisa kita mengubah status dengan catatan dia ke pengadilan ada putusan pengadilannya," ujarnya pada Selasa, 12 Oktober 2021.

Tatang mengatakan, selama ini pihaknya mencatat dokumen kependudukan dengan dua jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan. 
 
Sedangkan, bagi para transgender maka terlebih dahulu harus memiliki bukti keputusan tetap dari pengadilan negeri.
 
Baca Juga: 3 Tips Mudah Ganti e-KTP yang Rusak, Gratis dan Tak Makan Waktu Lama

Selama menjabat sebagai Kepala Disdukcapil Kota Bandung, ia mengungkapkan belum menerima laporan tentang pengajuan E-KTP untuk transgender
 
Permohonan pembuatan KTP elektronik bagi transgender tidak jauh berbeda dengan pemohon yang lainnya.

"Selama saya jadi kepala dinas belum ada. Umum (pendaftaran), prinsipnya administrasi kependudukan tidak ada perlakuan khusus tapi sama," katanya. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kondisi Terkini 6 Pasien Omicron Kota Bandung

Kamis, 20 Januari 2022 | 07:00 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 20 Januari 2022

Kamis, 20 Januari 2022 | 05:00 WIB

Kasus Covid Bandung Hari Ini Melonjak

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:51 WIB

Antisipasi Omicron, ASN Bandung WFH Lagi?

Rabu, 19 Januari 2022 | 12:07 WIB
X