Atalia: UMKM Punya Peran Strategis dalam Pemulihan Ekonomi

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 14:26 WIB
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil. (Biro Adpim Jabar/Yogi Prayoga S)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, UMKM memiliki peran strategis dalam pemulihan ekonomi nasional.

Karena itu, Atalia berpesan agar para pelaku UMKM untuk mulai menentukan target pasar penjualan sesuai dengan jenis usahanya.

Atalia membagi kategori pembeli menjadi dua. Pertama, kelas menengah ke bawah, kedua menengah ke atas.

Baca Juga: Kuliner yang Khas dan Inovatif Salah Satu Kunci Pemulihan Ekonomi Jabar

“Jadi harus mulai mengasah skill pemasaran, supaya nanti tepat sasaran penjualannya dan siapa-siapa saja yang jadi target sasaran penjualan,” katanya.

Selain itu, dia ingin para pelaku UMKM dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarganya. Hal itu bisa dibantu dengan berbagi ilmu dan pengetahuan yang telah didapat dari berbagai pelatihan.

“Kita tahu UMKM memiliki peran strategis dalam pemulihan ekonomi nasional. Karena 99,9 persen pendapatan kita dari UMKM dan dianggap bisa bertahan dalam pandemi Covid 19 dan SDM-nya berada di sekitar lingkungan kita,” kata Atalia, dalam "Pelatihan Teknis Substantif di bidang Konveksi/Menjahit bagi UMKM Anggota Dekranasda se-Jawa Barat" yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat di Ibis Pasteur Hotel, Kota Bandung, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Pemulihan Ekonomi, Jabar Gali Pengetahuan Pasar Ekspor

Di kesempatan lain, Atalia Praratya Kamil, mengaku dampak pandemi Covid-19 memang menghantam seluruh sektor ekonomi, salah satunya Koperasi dan UMKM. Meski, saat ini kondisi mulai berangsur baik.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMKG Ungkap Penyebab Hujan Es di Kota Bandung

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:58 WIB

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X