Puluhan Tahun Konflik, PTPN Perbolehkan Petani Garap Lahan

- Senin, 11 Oktober 2021 | 20:01 WIB
Ilustrasi perkebunan teh; Ratusan petani holtikultura di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung bisa bernafas lega, konflik perebutan lahan dengan PTPN VIII akhirnya selesai.  (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi perkebunan teh; Ratusan petani holtikultura di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung bisa bernafas lega, konflik perebutan lahan dengan PTPN VIII akhirnya selesai. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

PANGALENGAN, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan petani holtikultura di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung bisa bernafas lega, konflik perebutan lahan dengan PTPN VIII akhirnya selesai. Pihak perkebunan telah memperbolehkan lahannya digarap oleh petani.

Ketua Koperasi Holtikultura Pangalengan, Iman Abdurohman mengatakan ratusan petani Pangalengan mulai menggarap lahan milik PTPN VIII sejak 1998.

Semenjak itu, terjadi konflik antara petani dengan pihak PTPN VIII sebagai pemegang HGU. Kedua belah pihak saling melakukan akuisisi lahan dan menimbulkan konflik berkepanjangan.

Baca Juga: 23 HP Samsung Terbaru 2021 dan Harganya

"Alhamdulillah, sekarang kami sudah diperbolehkan menggarap lahan," ujar Iman, Senin 11 Oktober 2021.

Kedua belah pihak melakukan penandatanganan kerja sama terkait pemanfaatan lahan milik PTPN VIII. Sehingga konflik selama puluhan tahun tersebut bisa mendapat titik temu.

Kerja sama tersebut kata Iman, membuat petani memiliki kepastian hukum ketika menggarap lahan milik PTPN VIII yang luasnya mencapai ratusan hektare.

"Dulu kami selalu takut lahan yang sedang digarap tiba-tiba diambil PTPN VIII," ucapanya.

Kerja sama tersebut dilakukan setelah kedua belah pihak bertemu dan bersepakat. Petani diperbolehkan menggarap lahan sementara waktu di lahan yang belum digunakan oleh PTPN VIII.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DBHCHT Kabupaten Bandung Memiliki Nilai Manfaat

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:46 WIB

Pemadaman Listrik Bandung Hari Ini 3 Desember 2021

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:00 WIB

Kecelakaan di Jalan Kopo-Soreang, Dua Remaja Tewas

Kamis, 2 Desember 2021 | 17:37 WIB

UMK Kabupaten Bandung 2022 Tidak Naik!

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:54 WIB
X