Umrah Dibuka, Kemenag KBB Perketat Pengawasan Agen dan Travel

- Senin, 11 Oktober 2021 | 17:25 WIB
Ilustrasi -- Calon jemaah umrah; Kemenag KBB bakal melakukan pengawasan ketat untuk agen travel umrah menyusul lampu hijau dari pemerintah Arab Saudi bagi jemaah Indonesia. (Republika)
Ilustrasi -- Calon jemaah umrah; Kemenag KBB bakal melakukan pengawasan ketat untuk agen travel umrah menyusul lampu hijau dari pemerintah Arab Saudi bagi jemaah Indonesia. (Republika)

 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal melakukan pengawasan ketat untuk agen travel umrah menyusul lampu hijau dari pemerintah Arab Saudi bagi jemaah asal Indonesia.

Kemenag KBB memprediksi diizinkannya ibadah umrah untuk warga Indonesia bakal memicu antusias tinggi. Selain itu agen travel umrah pun bakal banyak yang menawarkan jasanya.

"Kita akan lebih ketat untuk melakukan pengawasan-pengawasan yang seperti ini karena setelah umrah ditunda, pasti ada saja hal seperti ini," kata Kepala Kemenag KBB, Ahmad Sanukri, Senin 11 Oktober 2021.

Baca Juga: 26 Daftar Harga HP Oppo Terbaru 2021

Sanukri mengatakan, para jemaah itu harus selektif dalam memilih agen travel umrah untuk antisipasi penipuan yang sudah terjadi di setiap daerah dengan jumlah korban yang tidak sedikit.

"Jangan sampai jemaah KBB jadi korban, sudah banyak yang jadi korban (daerah lain) dengan jumlah jemaah puluhan ribu," ujarnya.

Untuk antisipasi penipuan yang dilakukan agen travel umrah seperti itu, pihaknya mengingatkan agar para jamaah asal KBB harus memastikan agen yang dipilih sudah berizin, memastikan tiket, dan maskapainya.

"Kadang-kadang ada yang hanya menyediakan tiket berangkat saja, tapi pulangnya tidak. Kalau seperti itu kasihan jamaahnya," kata Sanukri.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pendidikan Islam Melahirkan SDM Unggul dan Berkualitas

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:24 WIB
X