Ratusan Hektare Sawah di Baleendah Terancam Puso, Ini Penyebabnya

- Senin, 11 Oktober 2021 | 16:41 WIB
[Ilustrasi sawah] Ratusan hektare Sawah di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, puso atau tak memberikan hasil karena adanya perbaikan saluran irigasi.  (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[Ilustrasi sawah] Ratusan hektare Sawah di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, puso atau tak memberikan hasil karena adanya perbaikan saluran irigasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM — Ratusan hektare Sawah di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, puso atau tak memberikan hasil karena adanya perbaikan saluran irigasi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan, di Kecamatan tersebut sedang dilakukan perbaikan irigasi Ciherang yang sedang diperbaiki.

"Suplai untuk sawah di Baleendah terhambat karena ada perbaikan irigasi," ujar Tisna, Senin 11 Oktober 2021.

Ratusan hektar sawah yang kekurangan air tersebut berada di Desa Malkasari, Bojongmalaka dan Kelurahan Andir.

Biasanya ketika saluran irigasi lancar, area pesawahan di wilayah yang dialiri irigasi Ciherang tidak pernah kekurangan air.

Jika terjadi puso atau tak memberikan hasil, kata Tisna, pihaknya akan memberikan bantuan kepada para petani yang berada di wilayan tersebut.

"Kalau puso, nanti diajukan bantuan dari Biaya Tidak Terduga (BTT) dan dimasukan ke dalam bencana kekeringan," ujarnya.

Terkait dampak musim kemarau terhadap pertanian di Kabupaten Bandung, Tisna mengatakan, sejauh ini belum ada laporan mengenai area pertanian yang mengalami kekeringan.

`Baca Juga: Kondisi Situ Sipatahunan Makin Buruk: Tanaman Liar Tumbuh, Sawah Jadi Kering

Sebagian besar petani, sudah mengetahui siklus pertanian berdasarkan musim.

Di Daerah yang rawan kekeringan, petani sudah terbiasa mengganti komoditas dari sawah menjadi tanaman yang tidak membutuhkan air banyak seperti palawija.

"Penanaman menjelang musim kemarau lebih hati-hati. Jika biasanya menanam padi,petani sudah beralih ke palawija. Jadi relatif aman," katanya.

Daerah yang rawan kekeringan, kata Tisna, biasanya berada di Kecamatan Cikancung, Rancaekek, Baleendah, Cicalengka, dan Nagreg. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DBHCHT Kabupaten Bandung Memiliki Nilai Manfaat

Jumat, 3 Desember 2021 | 15:46 WIB

Pemadaman Listrik Bandung Hari Ini 3 Desember 2021

Jumat, 3 Desember 2021 | 10:00 WIB

Kecelakaan di Jalan Kopo-Soreang, Dua Remaja Tewas

Kamis, 2 Desember 2021 | 17:37 WIB

UMK Kabupaten Bandung 2022 Tidak Naik!

Rabu, 1 Desember 2021 | 12:54 WIB
X