Bacaan Doa Sapu Jagat, Arab, Latin, dan Terjemahan: Rasulullah Sering Membacanya

- Senin, 11 Oktober 2021 | 14:19 WIB
[Ilustrasi bacaan doa] Bacaan doa sapu jagat mudah dihafalkan. Bila belum mampu membaca dalam bahasa arab, maka bisa dibaca dalam latinnya.  (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
[Ilustrasi bacaan doa] Bacaan doa sapu jagat mudah dihafalkan. Bila belum mampu membaca dalam bahasa arab, maka bisa dibaca dalam latinnya. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Bacaan doa sapu jagat mudah dihafalkan. Bila belum mampu membaca dalam bahasa arab, maka bisa dibaca dalam latinnya. Doa ini sering dibaca oleh Rasulullah.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Berdoa adalah kewajiban umat muslim kepada Sang Pencipta. Terdapat bacaan doa sapu jagat yang singkat akan tetapi penuh makna.
 
Dalam sebuah hadits sahih (benar) diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering membawa bacaan doa sapu jagat.
 
Doa sapu jagat memiliki makna yang sangat mendalam. Dalam doa tersebut terkumpul seluruh kebaikan baik itu untuk akhirat maupun dunia.
 
 
Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, beliau mengatakan,

كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ .

Artinya: “doa yang lebih sering diucapkan oleh Rasulullah shallallahu wa alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar [Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari adzab Neraka],” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690).
 
Doa dalam hadits tersebut sama dengan salah satu ayat di dalam Al Quran:
 
رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

ROBBANAA AATINAA FID DUN-YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WA QINAA ‘ADZAABAN NAAR.

Artinya, "Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, dan berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka. (QS. Al-Baqarah: 201).
 
Alasan Rasulullah Sering Membaca Doa Sapu Jagat
 
Seperti yang disebutkan, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering melafalkan bacaan doa sapu jagat karena doa ini memiliki makna yang dalam dan luar biasa.
 
Terdapat tiga kebaikan dalam bacaan doa sapu jagat, antara lain:
  1. Meminta kenikmatan dan kebaikan untuk di dunia
  2. Meminta kenikmatan dan kebaikan untuk di akhirat
  3. Meminta perlindungan agar terbebas dari api neraka
 
Itulah bacaan doa sapu jagat dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya serta mengapa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selalu membaca doa ini.
 
Segera hafalkan dan amalkan. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ketua Umum Minta Maaf Demo Ormas GMBI Berujung Ricuh

Kamis, 27 Januari 2022 | 22:37 WIB

Ini Kata PDIP Soal Desakan Pecat Arteria Dahlan

Kamis, 27 Januari 2022 | 18:44 WIB
X