Kronologi Penemuan 'Harta Karun' Tulang Fosil Gajah di Bandung Barat

- Senin, 11 Oktober 2021 | 10:32 WIB
Penemuan tulang, yang ternyata fosil gajah purba di Kabupaten Bandung Barat, bagi para peneliti sebandingan dengan menemukan 'harta karun'. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Penemuan tulang, yang ternyata fosil gajah purba di Kabupaten Bandung Barat, bagi para peneliti sebandingan dengan menemukan 'harta karun'. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIPONGKOR, AYOBANDUNG.COM — Penemuan tulang, yang ternyata fosil gajah purba di Kabupaten Bandung Barat, bagi para peneliti sebanding dengan menemukan "harta karun".

Para paleontolog semringah, lantaran penemuan ini membawa mereka pada pengetahuan baru yang belum pernah terkuak sebelumnya: Pulau Jawa pernah jadi tempat tinggal gajah.

Tulang fosil gajah itu ialah kejutan yang tak pernah diduga untuk ditemukan para arkeolog.

Asal Mula Penemuan Tulang Fosil Gajah

Warga Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menemukan tulang binatang diduga fosil hewan purba di bantaran Waduk Saguling.

Penemuan fosil tulang binatang tersebut tersebar hampir di 20 titik di kawasan pulau waduk Saguling bernama Sirtwo Island. Tulang-tulang itu berbentuk mirip paha, kaki, kepala, dan gigi binatang.

Salah satu warga, Jahidin (43) mengatakan, tulang-tulang tersebut dia temukan saat hendak menjala ikan. Awalnya dia mengira hanya tulang biasa, tapi saya dilihat ukurannya besar dan tersebar dibeberapa titik.

"Saya temukan saat menjala ikan, ada sekitar 20 titik, ada tulang mirip paha, kepala, dan gigi," kata Jahidin saat ditemui, Kamis 7 Oktober 2021.

Pantauan di lokasi, salah satu tulang mirip paha binatang memiliki panjang sekitar 90 sentimeter. Letak tulang tersebut hampir mirip batuan dan tanah. Letaknya berada tak jauh dari permukiman air waduk Saguling.

Warga Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menemukan tulang binatang diduga fosil hewan purba di bantaran Waduk Saguling. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X