Ribuan Warga Bandung Alami Gangguan Jiwa Akibat Pandemi

- Senin, 11 Oktober 2021 | 07:30 WIB
Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pandemi membuat ribuan warga Kota Bandung terdeteksi mengalami gangguan kesehatan mental atau gangguan jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, dari survei terhadap lebih dari 64.000 warga Kota Bandung, lebih dari 3.000 warga mengalami masalah kesehatan mental.

Selain itu, menurutnya, masih dari hasil skrining yang sama, ada 6.500 lebih warga yang mengalami traumatis.

Baca Juga: 20 Persen Warga Indonesia Rawan Gangguan Jiwa, Kok Bisa?

"Skrining ini dilakukan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat umum," ujar Ahyani dalam Webinar & Talkshow "Atasi Gangguan Kecemasan Di Masa Pandemik, Yuk Bisa Yuk" yang digelar Klinik Utama Kesehatan Jiwa Nur Ilahi, bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Mental dunia, dilaporkan Republika, Minggu, 10 Oktober 2021.

Ahyani mengatakan, jumlah warga yang melakukan konsultasi atau pengobatan terhadap gangguan kesehatan mental masih sangat sedikit. Sampai dengan 2021 selama pandemi, warga yang ke Puskesmas untuk konsultasi kesehatan jiwa hanya sekitar 604 pasien.

"Jadi masih sangat sedikit yang tertangani dan mendapat akses layanan kesehatan. Ini memerlukan peran semua pihak agar masyarakat lebih aware, supaya bisa mencegah dan mengendalikan. Dan penting juga untuk mengkampanyekan "its ok not to be ok". Mari saling bahu membahu berpegangan tangan saling membantu agar kita semua bisa melalui pandemi ini dengan sehat, " ujarnya.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jiwa: Hati Makin Tenang

Selain Ahyani, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, psikiater Riza Putra, Guru Besar Fakultas Keperawatan Unpad Prof Suryani, influencer Medina Zein, serta pendiri Anxiety Care Indonesia Erik Wibowo.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X