Lokasi Penemuan Fosil Gajah Dijaga Ketat 24 Jam

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:35 WIB
Aparat gabungan bakal berjaga 24 jam untuk melindungi lokasi penemuan fosil gajah di Sirtwo Island, Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Aparat gabungan bakal berjaga 24 jam untuk melindungi lokasi penemuan fosil gajah di Sirtwo Island, Bandung Barat. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

 

CIPONGKOR, AYOBANDUNG.COM — Aparat gabungan bakal berjaga 24 jam untuk melindungi lokasi penemuan fosil gajah di pulau Sirtwo Island, yang terletak di Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Diketahui dari hasil survei ke lokasi, paleontolog dari UI dan ITB menemukan sedikitnya 17 titik fosil tulang hewan (verterbrata) berbagai jenis dan bentuk. 

Peneliti menemukan fosil bagian lengan, kaki, tangan, tulang belakang, dan bagian kepala.

Fosil tersebut diperkirakan berusia 3.000 tahun terdiri dari fosil kerbau, sapi, rusa, dan gajah

Camat Cipongkor, Yayat Ruhyat mengatakan, pihaknya merasa bangga lantaran Kecamatan Cipongkor menyimpan kekayaan alam termasuk potensi wisata yang harus terus digali.

"Tentunya kami mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kawasan ini karena sedang dilakukan penelitian lebih lanjut terkait penemuan fosil tersebut," katanya.

Baca Juga: Tulang di Waduk Saguling Ternyata Fosil Gajah, Peneliti Bahagia Temukan 'Harta Karun'

Ia menegaskan, pihaknya bersama aparat kewilayahan bakal menjaga kawasan tersebut selama 24 jam.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X