Ada Fosil Gajah di Waduk Saguling, Peneliti Ingin Status Konservasi

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:04 WIB
Sejumlah peneliti dari berbagai perguruan tinggi mendorong lokasi Sirtwo Island di Waduk Saguling berstatus konservasi. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Sejumlah peneliti dari berbagai perguruan tinggi mendorong lokasi Sirtwo Island di Waduk Saguling berstatus konservasi. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIPONGKOR, AYOBANDUNG.COM — Sejumlah peneliti dari berbagai perguruan tinggi mendorong lokasi Sirtwo Island di Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB) berstatus konservasi, menyusul ditemukannya berbagai fosil hewan verterbrata di antaranya gajah

"Kalau bisa ada status konservasinya agar bisa dijaga bersama supaya bertahan lama dan anak cucu bisa belajar. Kalau mau diserahkan ke pihak yang berkepentingan, kan sayang diambil dan jadi koleksi pribadi," kata Paleontolog dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Mika Rizki Puspaningrum, Minggu 10 Oktober 2021. 

Menurutnya, semua pihak harus duduk bersama guna melindungi kawasan tersebut agar tidak dijarah atau tidak dirusak.

Dengan adanya fosil di tempat ini, juga bisa menambah nilai lebih untuk pengembangan kawasan wisata. 

Mika mengatakan fosil di kawasan itu ditemukan sedikitnya di 17 titik. Penemuan fosil gajah ini dianggap sangat menggembirakan, karena populasi gajah di Jawa sudah lama punah.

Menurutnya, penemuan fosil gajah bisa jadi bukti bahwa dulu di pulau Jawa juga pernah hidup gajah

"Ada 17 titik lokasi fosil. Kebanyakan tulang panjang bagian kaki, lengan, bagian tubuh, gigi, dan tulang kepala. Hasil identifikasi ada kerbau, keluarga sapi, dan rusa. Satu yang dominan adalah gajah," kata Mika. 

Sementara itu, Dosen Geologi UI, Sukiatoh mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan hewan yang mati lantaran aktivitas perburuan di masa lampau.

Oleh karena itu, pihaknya belum bisa memastikan adanya fosil manusia purba.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X