Tulang di Waduk Saguling Ternyata Fosil Gajah, Peneliti Bahagia Temukan 'Harta Karun'

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 18:27 WIB
Penemuan tulang di Waduk Saguling yang teridentifikasi sebagai fosil gajah memberikan kebahagiaan bagi para peneliti dan Paleontolog. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Penemuan tulang di Waduk Saguling yang teridentifikasi sebagai fosil gajah memberikan kebahagiaan bagi para peneliti dan Paleontolog. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Penemuan tulang di Waduk Saguling yang teridentifikasi sebagai fosil gajah memberikan kebahagiaan bagi para peneliti dan Paleontolog.

SAGULING, AYOBANDUNG.COMSejumlah paleontolog dari berbagai perguruan tinggi melakukan peninjauan langsung ke lokasi penemuan fosil binatang di bantaran Waduk Saguling, Kampung Suramanggala RT 01 RW 01 Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hasil survei ke lokasi, paleontolog menemukan sedikit 17 titik fosil tulang hewan (verterbrata) berbagai jenis dan bentuk. Mulai dari bagian lengan, kaki, tangan, tulang belakang, dan bagian kepala. 

Baca Juga: Javaco, Harta Karun Kopi dari Bandung

Paleontolog dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Mika Rizki Puspaningrum mengatakan tulang-tulang tersebut merupakan fosil binatang seperti kerbau, sapi, dan rusa. 

"Ada 17 titik lokasi fosil. Kebanyakan tulang panjang bagian kaki, lengan, bagian tubuh, gigi, dan tulang kepala. Hasil identifikasi ada kerbau, keluarga sapi, dan rusa," kata Mika saat ditemui di lokasi, Minggu 10 Oktober 2021. 

Selain tiga jenis binatang itu, peneliti juga menemukan fosil gajah.

Baca Juga: Menggali 'Harta Karun' Jadul di Pasar Loak Cilaki Bandung

Penemuan terakhir ini dianggap sangat menggembirakan, bak  menemukan "harta karun", karena populasi gajah di Jawa sudah lama punah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X