Batagor Rp75 Ribu Viral dan Bikin Kesal, Pemkot Bandung Imbau PKL Tampilkan Harga

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:23 WIB
[Ilustrasi batagor di Bandung] Batagor yang viral, karena harganya mencapai Rp75 ribu, menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. (Gunawan Kartapranata)
[Ilustrasi batagor di Bandung] Batagor yang viral, karena harganya mencapai Rp75 ribu, menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. (Gunawan Kartapranata)
 
SUKAJADI, AYOBANDUNG.COM — Batagor yang viral, karena harganya mencapai Rp75 ribu, menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.
 
Pemkot Bandung, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Dinkop UMKM), bahkan mengimbau pedagang kaki lima (PKL) untuk menampilkan harga makanan dan minuman yang dijajakannya. 
 
Aturan itu tertuang pada Surat Edaran Nomor KM.04/1682Diskopukm/18/2021.
 
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kota Bandung, Atet Dedi Handiman menuturkan, maksud diterbitkannya kebijakan tersebut agar proses jual beli antar pembeli dan PKL berjalan dengan transparan dan jujur demi kenyamanan bersama. 
 
"Ini termasuk dalam pembinaan PKL, imbauan untuk meningkatkan daya saing dan diharapkan mereka jadi formal," ujar Atet saat dihubungi pada Jumat, 8 Oktober 2021.
 
Kemudian Atet juga menegaskan, langkah ini dilakukan guna menghindari pandangan buruk masyarakat kepada PKL yang memberi harga tidak wajar. 
 
"Padahal kan PKL itu UMKM yang termasuk salah satu punggung untuk membangkitkan perekonomian, jadi juga harus kita bina," beber Atep. 
 
Mengenai harga mahal atau murah, dikatakan Atep, itu adalah hal yang relatif. Namun perlu digarisbawahi perlu adanya peningkatan pelayanan. 
 
"Jadi supaya masyarakat tidak merasa dirugikan oleh pelaku PKL. Jadi ini rangkaian dari sebuah pembinaan saja," jelas Atet. 
 
Teknis Pelaksanaan
 
Atet menjelaskan teknis pelaksanaan imbauan tersebut akan disampaikan kepada koordinator dan petugas kewilayahan untuk mensosialisasikan kepada PKL.
 
"Kita setiap pkl itu ada koordinator nanti kami sampaikan ke koordinator dan minta jajaran kewilayahan untuk menyampaikan dan mensosialisasikan hal itu," tegas Atet. 
 
Selanjutnya guna mengetahui efektif tidaknya kebijakan ini, pihaknya akan uji coba dan melakukan pengawasan untuk mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki. 
 
"Nanti kita coba dan nunggu feedback nanti jadi nanti tindak lanjutnya seperti apa," terangnya. 
 
Jumlah PKL Kota Bandung
 
Jumlah PKL yang ada di Kota Bandung dan tercatat dalam Dinkop UMKM, dikatakan Atet kisaran 5.000 lebih.
 
"Yang tercatat di dinas dengan PKL di Monju (PKL weekend) itu ada 5.000 lebih. Ini yang di area penataan oleh kami sekitar 2.600 PKL (sepanjang hari)," ucap Atet. 
 
Lebih lanjut Atet menuturkan berdasarkan penelitian bersama Bappelitbang Kota Bandung pada 2015, jumlah seluruh PKL di Kota Bandung sebanyak 22.000 PKL
 
Tanggapan Pedagang Kaki Lima
 
Mengenai kebijakan dalam Surat Edaran Nomor KM.04/1682Diskopukm/18/2021, salah satu pelaku PKL di Kota Bandung, Makmur (19) mengaku setuju dengan itu. 
 
"Iya saya setuju, biar lebih jelas aja. Pembeli jelas, saya juga," ujar penjual telur gulung tersebut. 
 
Senada dengan pernyataan sebelumnya, Fuad (26) pedagang soto juga setuju dengan kebijakan itu. 
 
"Setuju, biar sama-sama tahu dan jelas aja. Jadi dikasih daftar harga buat jualannya," papar Fuad. 
 
Adapun beberapa poin dalam Surat Edaran Nomor KM.04/1682Diskopukm/18/2021 meliputi;
 
1. Menampilkan daftar menu beserta harga makanan dan minuman yang dijual;
2. Melaksanakan protokol kesehatan dalam berjualan;
3. Ramah, sopan, dan responsif dalam melayani konsumen
4. Menjaga kualitas, kebersihan, dan kesehatan produk. 
 
 
Sebelumnya telah ramai di media sosial soal Batagor viral di Kota Bandung yang membuat kesal seorang pembeli, karena harganya mencapai Rp75 ribu.
 
Sang pembeli kesal, karena ia tidak melihat adanya daftar harga, sehingga merasa tertipu setelah makan. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X