Jangan Curi-Curi Buka Wista Selama PPKM Level 3, Disbudpar Memantau

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 19:11 WIB
Wisatawan mengunjungi tempat wisata The Great Asia Afrika, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (12 Februari 2021). (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Wisatawan mengunjungi tempat wisata The Great Asia Afrika, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (12 Februari 2021). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Wisata Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum bisa dibuka meski angka vaksinasi telah mencapai 50 persen.

Pasalnya, KBB masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. 

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, David Oot mengatakan, karena objek wisata belum dibuka, pihaknya harus melakukan antisipasi dan pengawasan agar objek wisata yang belum ujicoba pembukaan tidak membuka operasional.

"Kita tetap berdasar aturan yang tertuang dalam surat edaran pak Plt. Bupati Bandung Barat tentang PPKM ini. Jadi, yang perlu diantisipasi yaitu objek wisata yang belum ujicoba, tapi sudah mulai buka," ujarnya saat dihubungi, Rabu 6 Oktober 2021. 

Untuk saat ini, baru tiga objek wisata yang sudah melakukan ujicoba pembukaan itu sesuai instruksi dari pemerintah pusat yakni, The Great Asia Africa (TGAA), Farm House, dan The Lodge Maribaya.

Sementara salah satu syarat agar objek wisata bisa dibuka, kata David, wilayah KBB ini harus sudah menerapkan PPKM Level 2 yang ditentukan dengan progres vaksinasi Covid-19.

"Kalau Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) untuk bisa turun level dari 3 ke 2 itu bukan berdasarkan BOR lagi, tapi ditentukan progres vaksinasi," kata David.

Atas hal tersebut, pihaknya akan membantu mempercepat progres vaksinasi di Bandung Barat dengan cara mengadakan wisata vaksin di beberapa objek wisata.

"Kami sudah mengadakan wisata vaksin dimana-mana. Nanti, kita tambah lagi 2 lokus selain di 7 lokus yang sudah dilaksanakan, nanti akan ditambah di Lembang Park Zoo dan Kampung Daun," ucapnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tenaga Honorer Dihapus 2023, TKK Bandung Barat Cemas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB
X