Ratusan Ormas dan LSM di Bandung Barat Mulai Diverifikasi

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:52 WIB
Ilustrasi ormas. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)
Ilustrasi ormas. (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB) terus melakukan verifikasi Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk tahun 2021.

Hingga saat ini, berdasarkan catatan Bakesbangpol KBB, ada sebanyak 428 ormas dan LSM yang terdaftar. Namun jumlah itu juga masih dalam tahap verifikasi administrasi.

Baca Juga: Puluhan Ormas Berkumpul di Mapolres Cianjur, Ada Apa?

"Verifikasinya sedang dilakukan, tapi keseluruhan itu ada 428 ormas dan LSM. Setiap tahun harus diverifikasi mulai dari administrasi, keanggotaan, sampai sekretariatnya," ujar Kepala Bakesbangpol KBB Soeryaman kepada wartawan, Selasa 5 Oktober 2021.

Dari proses verifikasi yang tengah berjalan itu, saat ini tercatat baru 124 ormas dan LSM yang terverifikasi dari total 428 ormas LSM yang terdaftar.

"Secara administratif baru 124 (ormas dan LSM) yang sudah terverifikasi. Secara hukum kelengkapan lembaga harus dicek juga dan ini terus berproses," katanya.

Dia mengatakan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada penambahan jumlah ormas dan LSM yang terdaftar di Bakesbangpol dengan syarat yang juga sudah terpenuhi.

"Dibanding tahun lalu ada bertambah beberapa ormas baru. Semuanya sudah melengkapi administrasi dan terverifikasi. Seperti pengurus, sekretariat, dan kelembagaan, jadi tidak hanya di atas kertas," tuturnya.

Baca Juga: Polres Cianjur Buru Dua Pelaku Bentrok Ormas di Perbatasan

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X