Jamur Raksasa di Cicalengka Aman Dikonsumsi, Tapi ...

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 13:12 WIB
Jamur raksasa tumbuh di pekarangan rumah warga di RT 03/07, Desa Babakan Peutuey, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Jamur raksasa tumbuh di pekarangan rumah warga di RT 03/07, Desa Babakan Peutuey, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

CICALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Jamur raksasa yang ditemukan di halaman rumah warga Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung aman untuk dikonsumsi. Namun warga harus mewaspadai unsur mikroba yang dikandungnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan, berdasarkan literatur, jamur raksasa jenis Phlebopus marginatus tersebut bukan kategori jamur beracun.

"Dari literatur, bukan masuk dalam jamur beracun. Bisa juga dikonsumsi," katanya, Selasa, 5 Oktober 2021.

Baca Juga: Jamur Raksasa Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Cicalengka, Sempat Disangka Settingan

Namun, kata Tisna, hal yang harus diwaspadai adalah unsur mikroba yang terkandung di dalamnya. Pihaknya akan melakukan penelitian kandungan jamur raksasa tersebut untuk melihat unsur yang terkandung di dalamnya.

"Nanti dilihat unsur mikroba di dalamnya apa saja, ada yang berbahaya atau melebihi ambang tolerir tubuh atau tidak. Kalau hasil penelitiannya kandungan mikrobanya dibawah ambang tolerir tubuh, akan kami rekomendasikan untuk dikonsumsi," ujarnya.

Beberapa mikroba yang terdapat dalam tumbuhan termasuk jamur, kata Tisna, ada yang di atas ambang tolerir tubuh, apabila dikonsumsi bisa memicu penyakit.

Selain memerika unsur mikroba dalam jamur raksasa tersebut, pihaknya juga akan melihat unsur gizi di dalamnya. Apabila memungkinkan, bisa saja keberadaan jamur raksasa tersebut berpotensi menjadi sumber pangan yang memiliki nilai ekonomis.

"Kalau kandungan gizinya baik, unsur mikrobanya masih dalam ambang toleransi tubuh, rasanya enak, bisa memiliki nilai ekonomi. Yang di sini saja beratnya sekitar 3,5kg," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB
X