Dinas Pertanian Bandung Bawa Jamur Raksasa Cicalengka untuk Diteliti

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 12:23 WIB
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengambil sampel jamur raksasa di Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka untuk diteliti lebih lanjut. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengambil sampel jamur raksasa di Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka untuk diteliti lebih lanjut. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

CICALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran langsung mendatangi lokasi tumbuhnya jamur raksasa di Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka guna mengambil sample jamur untuk diteliti lebih lanjut.

Jamur berdiameter sekitar 40 cm tersebut akan diteliti kandungan mikroba sampai kandungan gizinya untuk kepentingan ilmiah dan hal lainnya.

Tisna mengatakan jamur raksasa di Cicalengka tersebut berdasarkan identifikasi dan konsultasi dengan ahli jamur ITB, masuk dalam spesies Phlebopus marginatus.

Baca Juga: Jamur Raksasa Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga Cicalengka, Sempat Disangka Settingan

"Memang jenis jamur ini tumbuh besar. Ukurannya antara 30 cm-40 cm," ujar Tisna, Selasa 5 Oktober 2021.

Biasanya jamur raksasa jenis Phlebopus marginatus tumbuh di alam dan baru pertama ditemukan di halaman rumah seperti di Cicalengka. Bahkan kata Tisna, berdasarkan keterangan warga, jamur jenis tersebut beberapa kali terlihat di hutan daerah Cicalengka.

Di halaman rumah tersebut juga beberapa kali terlihat jamur, namun ukurannya masih biasa tidak sebesar jamur raksasa yang sekarang ditemukan.

"Kemungkinan ini terbawa angin karena spora jamur itu kan ukurannya mikro, jadi bisa terbang terbawa angin. Atau ada orang yang nyangkul dan sporanya terbawa," ujarnya.

Namun hal yang menjadikan penasaran adalah ukurannya yang bisa maksimal bahkan bisa dikategorikan jamur raksasa. Sehingga pihaknya membawa sampel jamur untuk diperiksa di laboratorium.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jalan Ali Sadikin Diusulkan Jadi Nama Tol Cisumdawu

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:37 WIB
X