Bandung Barat Wacanakan Kawasan Wisata Kota Tua Padalarang

- Senin, 4 Oktober 2021 | 17:11 WIB
Stasiun Padalarang yang akan menjadi bagian dari Kota Tua Padalarang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Stasiun Padalarang yang akan menjadi bagian dari Kota Tua Padalarang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) berencana mendorong pengembangan Kecamatan Padalarang menjadi daerah tujuan wisata sejarah bernama Kota Tua Padalarang.

Pasalnya, di daerah itu terdapat peninggalan bangunan era kolonial Belanda seperti, Stasiun Padalarang, PN Kertas, perumahan pejabat PN Kertas di Jalan Gedong Lima, dan bekas kantor kewadanaan Padalarang yang saat ini dipakai DPRD KBB.

Kepala Seksi (Kasi) Sejarah dan Kepurbakalaan pada Disparbud Kabupaten Bandung Barat (KBB) Asep Diki Hidayat mengatakan, wacana ini pertama kali mencuat hasil usulan dari Indonesia Hidden Heritage (IHH) sebuah LSM dari Jakarta yang fokus pada bidang kesejarahan.

PadalarBaca Juga: Organda Dorong Trayek Padalarang-Cipongkor dan Cimareme-Ngamprah Direalisasikan

Diki menjelaskan, tim IHH tidak sengaja melihat PT Kertas Padalarang usai berkunjung ke Goa Pawon dan melihat kawasan Padalarang memiliki potensi untuk menjadi wisata kota tua serupa di Jakarta dan Semarang.

"Saat pulang Goa Pawon mereka melewati PN Kertas dan Stasiun Padalarang. Di situ mereka tertarik, termasuk salah satu tim ahli cagar budaya (TACB) yang juga berprofesi sebagai dosen arsitektur di Itenas Bandung," jelasnya.

Rencananya, sambung dia, project Padalarang sebagai kota tua akan ditindaklanjuti oleh Itenas Bandung, dan dimulai dengan melakukan pengkajian dan penelitian pada sisi arsitekturnya.

"Ini akan dikemas melalui program kampus, yakni melalui program pengabdian masyarakat yang akan dilakukan oleh mahasiswa Itenas, khususnya program studi arsitektur," bebernya.

Dinas Pariwisata akan melihat dulu hasil kajian Itenas dari sisi nilai arsitekturnya. Selain nilai sejarah, pembangunan Kawasan wisata Kota Tua Padarang juga perlu kajian lain seperti dampak ekonomi dan skema pengembangan kawasan ini.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Cabai Rawit Bandung Barat Perlahan Turun

Minggu, 23 Januari 2022 | 16:45 WIB

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB
X