Uji Coba Penerapan Aplikasi PeduliLindungi Kota Bandung:  Bertahap di 35 Pasar

- Selasa, 28 September 2021 | 14:59 WIB
[Aplikasi PeduliLindungi] Penerapan aplikasi PeduliLindungi di Kota Bandung kini telah menyasar ke wilayah Pasar-pasar tradisional dan modern. (Kominfo)
[Aplikasi PeduliLindungi] Penerapan aplikasi PeduliLindungi di Kota Bandung kini telah menyasar ke wilayah Pasar-pasar tradisional dan modern. (Kominfo)
BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM — Penerapan aplikasi PeduliLindungi di Kota Bandung kini telah menyasar ke wilayah Pasar-pasar tradisional dan modern. 
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengatakan, penerapan hal tersebut merujuk pada arahan dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).
 
Dengan adanya arahan tersebut, Elly menyebutkan, uji coba pertama penerapan aplikasi PeduliLindungi di Kota Bandung, yakni berada di Pasar modern Balubur Town Square.
 
"Memang itu sudah ada arahan dari Kementerian Perdagangan, bahwa yang mempergunakan aplikasi PeduliLindungi itu, kalau misalnya di Mall itu sudah semuanya dan juga Ritel, Toko modern kecuali Mini market, itu sudah semuanya. Dan untuk di Pasar ini baru di uji cobanya di pasar modern Baltos," ucapnya saat ditemui di Baltos, Selasa, 28 September 2021.
 
Elly mengungkapkan, dipilihnya Pasar modern Baltos untuk penerapan uji coba PeduliLindungi bagi para pedagang dan pengunjung, dikarenakan akses masuk yang sangat sedikit.
 
Selain itu, ia juga menambahkan bahwa seluruh pedagang yang ada di Baltos sudah mendapatkan vaksin.
 
"Jadi Baltos ini kan pertama, akses masuknya jelas, tidak seperti pasar lainnya seperti contoh Pasar sederhana, itu kan kurang lebih akses masuknya ada 15, jadi untuk penerapan (PeduliLindungi) di situ agak kesulitan juga," ungkapnya
 
"Dan yang kedua di Baltos itu, jumlah pedagangnya sebagian besar sudah di vaksin, jadi begitu aplikasi PeduliLindungi ini diterapkan maka mereka (Pedagang) karena sudah di Vaksin tidak akan kesulitan untuk berdagang," tambahnya
 
Penerapan uji coba aplikasi PeduliLindungi di Pasar modern ini dikarena adanya usulan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) kepada Kemendag.
 
Uji coba tersebut akan menyasar enam pasar tradisional di berbagai daerah Pulau Jawa, Seperti di Pasar Mayestik (Jakarta), Pasar Blok M (Jakarta), Pasar Baltos (Bandung), Pasar Modern BSD (Tangerang Selatan), Pasar Modern 8 Alam Sutera (Tangerang), dan Pasar Wonodri (Semarang).
 
Elly mengungkapkan, dengan adanya uji coba penerapan aplikasi PeduliLindungi di Baltos ini, bisa menjadi contoh bagi 34 pasar lainnya di Kota Bandung untuk menerapkan hal serupa.
 
"Memang idealnya demikian, semua pasar menerapkan uji coba aplikasi PeduliLindungi di 35 pasar di Kota Bandung termasuk Baltos, tetapi kita bertahap saja, dan kita akan uji coba yang di sini dulu saja (Baltos)," ucapnya
 
Selain Baltos, pasar yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat untuk melakukan uji coba aplikasi yakni Pasar Sederhana.
 
Meski begitu, pihaknya belum sanggup untuk menerapkan aplikasi PeduliLindungi bagi para pedagang dan pengunjung pasar
 
Sebab, Pasar Sederhana memiliki akses masuk yang banyak, dan para pedagang pun belum seluruhnya melakukan vaksinasi.
 
"Sebetulnya ada dua pasar yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat melalui Kemendag untuk melaksanakan uji coba penerapan (PeduliLindungi), itu adalah Baltos dan Pasar sederhana. Tetapi terus terang kami baru sanggup yang Baltos, karena kalau Pasar Sederhana alasannya itu tadi akses masuknya banyak dan pedagangnya juga masih 50 persen belum di Vaksin," ujarnya
 
Elly juga menuturkan, pihaknya akan melakukan percepatan pemberian vaksinasi kepada pedagang agar aplikasi PeduliLindungi bisa diterapkan di Pasar-pasar modern lainnya.
 
"Kita akan coba push pemberian vaksin kepada pedagang yang belum mendapatkan vaksin, dan setelah itu kita akan konsultasi bagaimana pasar yang belum menerapkan PeduliLindungi kepada Kemendag," tutupnya. [*]

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB

Cantiknya Warna Warni Mural di Babakan Siliwangi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB

Kebakaran di Pagarsih Hanguskan Lima Rumah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:41 WIB

Update Covid-19 Bandung, Kasus Tersisa 102

Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:30 WIB
X