PeduliLindungi Syarat Masuk Pasar Baltos, Kapan Pasar Lain Ikut?

- Selasa, 28 September 2021 | 12:07 WIB
PeduliLindungi jadi syarat masuk Pasar Baltos Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
PeduliLindungi jadi syarat masuk Pasar Baltos Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Penerapan protokol kesehatan dengan memasang QR Code PeduliLindungi sudah mulai dilaksanakan Pemerintah Kota Bandung di pasar Baltos
 
Hal itu merupakan tindak lanjut dari instruksi Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang melakukan uji coba pengetatan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi di pasar rakyat atau pasar tradisional. 
 
Bukan hanya di Pasar Baltos saja, berdasarkan laman resmi covid19.go.id, pasar di kota lain yang melakukan uji coba penerapan PeduliLindungi meliputi, Pasar Mayestik (Jakarta), Pasar Blok M (Jakarta), Pasar Modern BSD (Tangerang Selatan), Pasar Modern 8 Alam Sutera (Tangerang), dan Pasar Wonodri (Semarang).
 
 
Menurut Direktur Utama PD Pasar Bermartabat Herry Hermawan, pihaknya mengajukan pendaftaran kepada Kemendag untuk dua pasar yaitu Pasar Baltos dan Pasar Sederhana terkait penerapan PeduliLindungi
 
"Makannya saat ini mereka (pedagang) datang untuk vaksinasi, karena syarat PeduliLindungi adalah 100% pedagang di dalamnya sudah vaksin, kalau Pasar Baltos 100% sudah tervaksin, kalau Pasar Sederhana dari 1.500 baru sekitar 300 yang tervaksin. Jadi belum layak," ujar Herry saat ditemui di Pasar Baltos, Kota Bandung, Selasa, 28 September 2021. 
 
Karena masih banyak pedagang Pasar Sederhana yang belum divaksin, kata Herry PeduliLindungi baru dapat diuji coba di Pasar Baltos
 
Kemudian Herry menegaskan, penerapan PeduliLindungi di pasar-pasar lain yang berada di Kota Bandung, akan dilakukan jika sudah memenuhi persyaratan dan tergantung pada keputusan pemerintah pusat. 
 
"Pertama tadi syaratnya kalau pedagang sudah 100% tervaksin, kedua jalan masuknya bisa dikondisikan karena ada scan check-in dan check-out di pintu masuk. Jadi harus diatur berbeda, sementara pasar-pasar tradisional kami di seluru Kota Bandung 37 pasar rata-rata jalan masuknya banyak," terang Herry. 
 
 
"Makanya harus ditertibkan dulu, dan penerapannya juga tergantung pada pemerintah. Tapi ada tujuh yang sekelas mal dari 37 itu sedang kita usahakan mengikuti jejak Baltos ini," kata Herry. 
 
Lebih lanjut jika nanti pelaksanaan uji coba PeduliLindungi di Baltos lancar, kemungkinan besar pasar lain juga ikut menerapkan. 
 
"Kita lihat dulu yang di Baltos seperti apa, ini kita dipantau oleh Menteri Perdagangan aplikasi PeduliLindungi ini, jika hasilnya bagus kita replikasi ke pasar lain," terang Herry. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah menyebut selain pedagang sudah tervaksin semua, dipilihnya uji coba aplikasi PeduliLindungi ke Pasar Baltos oleh Kemendag karena akses pintu masuk yang jelas. 
 
 
Oleh karena itu untuk melengkapi persyaratan mendapat akses PeduliLindungi, pihaknya mulai hari ini memfokuskan melalukan vaksinasi pedagang. 
 
"InsyaAllah mulai hari ini Disdagin bekerjasama dengan Perumda Pasar Juara akan lebih fokus ke vaksinasi pedagang," tegasnya.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB

Cantiknya Warna Warni Mural di Babakan Siliwangi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB

Kebakaran di Pagarsih Hanguskan Lima Rumah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:41 WIB

Update Covid-19 Bandung, Kasus Tersisa 102

Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:30 WIB
X