Masuk Musim Hujan, Banjir Mulai Intai Kota Bandung

- Selasa, 28 September 2021 | 09:15 WIB
Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kota Bandung. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa hari terakhir, hujan mulai mengguyur Kota Bandung. Hal itu membuat beberapa titik rawan banjir mulai direndam air seperti Cicendo, Baladewa, Pagarsih, dan Cibaduyut.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Didi Ruswandi, pihaknya saat ini tengah melakukan pengerukan sedimentasi di titik-titik banjir untuk mengahalau bencana tersebut.

"Kita akan mengecek untuk kemarin yang terjadi genangan. Jalan (pengerukan sedimentasi) terus, kemarin kan fokusnya ke daerah yang rawan banjir-banjir besar. Sekarang yang kemarin terjadi genangan akan kita coba evaluasi dan dibersihkan," kata Didi saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin, 27 September 2021.

Didi mengaku mendapat laporan banjir di daerah Cibaduyut dan Cijerah pada hari Minggu kemarin. "Kita itu berencana memasang pompa (air) tapi kita cuma ada satu rumah pompa, tapi sekarang yang minta lima," terang Didi.

Dengan demikian, Didi menjelaskan opsi pemasangan satu rumah pompa di beberapa wilayah rawan banjir.

"Salah satunya opsinya di Cingised, Citarip, Tresna Asih (Pagarsih) di antara itu, kita cuma punya anggaran satu (rumah pompa). Tahun depan sudah dialokasikan untuk satu rumah pompa," bebernya.

Seperti berita sebelumnya, Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU Kota Bandung Yul Zulkarnaen menjelaskan berdasarkan data per kejadian 30 Juni 2021, terdapat 10 titik rawan banjir di Kota Bandung.

“Pertama di Jalan Cibaduyut batas kota itu di bawah tol, kemudian di Kopo Citarip ada 13 kejadian, kemudian terusan Pasir Koja-simpang Soekarno Hatta ada 10 kejadian, di Soekarno Hatta simpang Gedebage itu langganan ada enam kejadian,” jelas Yul.

“Pasar Induk Gedebage ada empat kejadian, Jalan Rumah Sakit empat kejadian, Marga Cinta depan Komplek Bunga Bakung itu ada empat kejadian dan AH Nasution-Cikadut itu empat kejadian, Rancabolang Margacinta ada tiga kejadian depan Apotek Djaja (Pasirkoja) ada tiga kejadian,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB

Cantiknya Warna Warni Mural di Babakan Siliwangi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB

Kebakaran di Pagarsih Hanguskan Lima Rumah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:41 WIB

Update Covid-19 Bandung, Kasus Tersisa 102

Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:30 WIB
X