Pengembangan Wisata Situ Sipatahunan Terbentur Kewenangan Pengelolaan Aset

- Jumat, 24 September 2021 | 15:37 WIB
Situ Sipatahunan.  (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Situ Sipatahunan. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung belum mengetahui pasti pengembangan pariwisata Situ Sipatahunan karena terbentur pengelolaan aset.

Saat ini danau buatan di Kecamatan Baleendah tersebut dalam keadaan kering dengan alasan akan dikeruk dan dijadikan tempat pariwisata.

Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Yoharman, mengatakan rencana pengembangan Situ Sipatahunan menjadi objek wisata telah dilakukan beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Situ Sipatahunan Dikeringkan untuk Wisata, Warga Kesulitan Air Bersih

"Memang kami ada rencana mengembangkan Situ Siaptahunan menjadi objek wisata. Kami sempat melakukan langkah-langkah untuk menjadikanya objek wisata," ujar Yoharman, Jumat 24 September 2021.

Salah satu yang dilakukan adalah melakukan penaburan benih ikan dengan harapan, fungsi sumber cadangan air bisa terpelihara dan kegiatan rekreasi bisa dikembangkan.

Kegiatan rekreasi sempat berkembang, banyak pengunjung datang untuk berekreasi, salah satunya rekreasi memberi makan ikan. Pedagang disekitar juga diuntungkan karena bisa menjual pakan ikan.

Namun akhir tahun lalu dilakukan pengeringan terhadap Situ Sipatahunan. Dinas Pariwisata, kata Yoharman, hanya mengetahui jika pengeringan tersebut berkaitan dengan perbaikan pintu air.

"Tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa, karena asetnya belum diserahkan kepada kami," ujarnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X