Situ Sipatahunan Dikeringkan untuk Wisata, Warga Kesulitan Air Bersih

- Jumat, 24 September 2021 | 15:08 WIB
Situ Sipatahunan kering. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Situ Sipatahunan kering. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Lebih kurang satu tahun, Situ Sipatahunan di Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung dikeringkan. Hal tersebut berdampak pada sumur warga yang turut mengering.

Sutinah, salah seorang warga mengatakan Situ Sipatahunan dikeringkan sekitar satu tahun lalu dengan alasan akan dikeruk dan dijadikan objek wisata air.

"Tapi sampai sekarang tidak ada pengerukan," ujar Sutinah, Jumat 24 September 2021.

Baca Juga: Sudah Setahun Situ Sipatahunan Kering, Nyaris Tak Berair

Namun Sutinah tidak mengetahui pasti pihak yang mengeringkan danau yang menjadi tandon air tersebut. Bahkan berton-ton ikan yang hidup di Situ Sipatahunan juga dijual.

"Ikannya diborongkan ke orang Cikoneng. Uangnya mah tidak tahu sama siapa. Warga hanya mengambil ikan-ikan sisa yang tertinggal," katanya.

Akibat Situ Sipatahunan dikeringkan, warga sekitar juga terdampak kekurangan air bersih. Sumur-sumur di rumah warga sekitar banyak yang kering, terlebih saat ini sedang musim kemarau.

"Sumur di sini kan sebagian berasal dari resapan Situ Sipatahunan. Karena kering, sumur juga tidak ada airnya," ujar Risma, warga lainnya.

Wilayah Sipatahunan memang cukup gersang, setiap musim kemarau selalu mengalami kekeringan. Namun dikeringkannya Situ Sipatahunan membuat dampak kekeringan yang dirasakan warga lebih parah.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X