Sudah Setahun Situ Sipatahunan Kering, Nyaris Tak Berair

- Jumat, 24 September 2021 | 13:25 WIB
Situ Sipatahunan kering. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Situ Sipatahunan kering. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

BALEENDAH, AYOBANDUNG.COM -- Gersang, itulah kesan pertama ketika memasuki kawasan Situ Sipatahunan. Danau buatan seluas 10 hektare tersebut nyaris tidak ada air. Hanya ada garis air yang terlihat di bagian tengah bekas sisa-sia aliran pembuangan.

Kondisi tersebut sudah lama. Bahkan rumput sudah tumbuh sampai di tengah Situ Sipatahunan. Beberapa warung terapung terlihat terbengkalai.

"Sudah setahunan kering seperti ini," ujar Sutinah, salah seorang pedagang di Situ Sipatahunan, Jumat 24 September 2021.

Baca Juga: 611.000 Bidang Tanah di Kabupaten Bandung Belum Punya Sertifikat

Dia bercerita, tahun lalu Situ Sipatahunan dikunjungi oleh Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan saat berkampanye bersama Dede Yusuf yang menjanjikan akan menjadikan danau buatan tersebut objek wisata air. Tidak lama kemudian, air di Situ Sipatahunan dikeringkan.

"Katanya mau dikeruk agar lebih dalam," ujarnya.

Namun hingga sekarang, lebih kurang setahun setelah dikeringkan, belum nampak adanya progres pengerukan untuk memperdalam air Situ Sipatahunan, sehingga kondisinya menjadi kering dan gersang.

"Udara jadi panas. Pengerukan belum pernah ada, hanya membangun gerbang," ungkapnya.

Air danau yang kering berdampak pada pendapatan tukang warung seperti Sutinah. Saat situ Sipatahunan masih berair, banyak pengunjung yang datang hanya untuk sekadar makan atau berjalan-jalan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X