611.000 Bidang Tanah di Kabupaten Bandung Belum Punya Sertifikat

- Kamis, 23 September 2021 | 19:05 WIB
[Ilustrasi lahan tanah] Sebanyak 611.000 bidang tanah di Kabupaten Bandung belum disertifikasi. Jumlah tersebut hampir setengah bidang lahan di Kabupaten Bandung.
[Ilustrasi lahan tanah] Sebanyak 611.000 bidang tanah di Kabupaten Bandung belum disertifikasi. Jumlah tersebut hampir setengah bidang lahan di Kabupaten Bandung.
 
SOREANG, AYOBANDUNG.COM — Sebanyak 611.000 bidang tanah di Kabupaten Bandung belum disertifikasi.
 
Jumlah tersebut sekitar setengah dari total bidang lahan di Kabupaten Bandung.
 
Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara Kabupaten Bandung, Hadiat Sondara mengatakan, di Kabupaten Bandung secara keseluruhan terdapat 1,2 juta bidang lahan dari 176.000 hektar luas wilayah.
 
"Dari 1,2 juta bidang lahan, baru 54 persen atau sekitar 611.000 bidang yang telah bersertifikat," ujar Hadiat saat Ngopi (Ngobrol ala PWI) Kabupaten Bandung, Kamis 23 September 2021.
 
Lahan yang belum bersertifikat tersebut sebagian besar hanya memiliki surat tanah berupa leter C atau surat lainnya.
 
Sebagian besar, lahan belum bersertifikat tersebut akan diselesaikan menggunakan program PTSL.
 
"Untuk PTSL ditargetkan pada 2025 bisa rampung seluruhnya," ucapnya.
 
Dengan target seluruh bidang lahan bisa disertifikasi pada 2025, kata Hadiat, ATR BPN Kabupaten Bandung memiliki tugas yang berat. Terlebih tidak seluruh masyarakat mau lahannya disertifikat.
 
"Masih banyak masyarakat yang justru tidak mau lahannya disertifikasi. Alasannya macam-macam, salah satunya PBB yang akan naik, atau hal lainnya, seperti merasa tidak akan meminjam uang ke bank dengan menjaminkan nsertifikat," katanya.
 
Padahal, sertifikat merupakan salah satu bukti kepemilikan lahan. Dengan bukti sertifikat, resiko lahan diklaim pihak lain.
 
 
Tahun lalu, lanjut Hadiat, pihaknya memiliki target 45.000 bidang lahan disertfikasi melalui program PTSL. Namun jumlahnya terpotong oleh refocusing anggaran.
 
"Tahun ini target kami 110.000 bidang lahan bisa disertifikasi melalui program PTSL. Memang harus putar otak supaya 2025 bisa menyelesaikan sisa bidang lahan yang belum disertifikasi," tutupnya. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X