Objek Wisata The Lodge Maribaya Lembang Buka, Protokol Kesehatan Jadi yang Utama

- Selasa, 21 September 2021 | 18:45 WIB
Objek Wisata The Lodge Maribaya Lembang Buka, Protokol Kesehatan Jadi yang Utama (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Objek Wisata The Lodge Maribaya Lembang Buka, Protokol Kesehatan Jadi yang Utama (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM  - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan uji coba pembukaan 20 objek wisata di Pulau Jawa. Di Kabupaten Bandung Barat, Kemenparekraf menunjuk The Lodge Maribaya kerena telah lolos verifikasi dan diperbolehkan beroperasi untuk diujicobakan di tengah PPKM ini.

Meski telah diizinkan buka, wisatawan tak bisa bebas begitu saja masuk destinasi ini. Ada beberapa syarat dan ketentuan yang mesti diketahui. Pasalnya hal itu demi menjamin keamanan, kesehatan, dan kenyamanan pengunjung.

Pengunjung yang dibolehkan masuk dan menikmati wahana merupakan pengunjung yang sudah disuntik vaksin. Dengan membatasi kapasitas hanya sebanyak 25 persen dari kapasitas, pengelola menerapkan sistem buka tutup kunjungan.

“Setiap pengunjung yang hendak beli tiket, wajib melakukan scanning barcode. Barcode ini nantinya terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi. Dari situ bisa ketahuan pengunjung sudah divaksin atau belum,” kata Operasional Manager Camping and Village,The Lodge Group Reno Suprayogi, Minggu 12 September 2021.

Melalui aplikasi tersebut, pengelola bisa memantau berapa jumlah kunjungan yang sedang berada di dalam area. Kerumunan pengunjung juga bakal terpantau, seketika petugas bakal menegur kerumunan agar bisa terurai. Hal itu karena protokol kesehatan menjadi yang diutamakan dalam berwisata.

“Ketika pengunjung melakukan scan barcode di pintu masuk, mereka akan terpantau selama di area. Di pintu keluar, pengunjung juga melakukan scan barcode untuk tanda bahwa mereka keluar dari area,” kata Reno.

Jaminan kesehatan The Lodge Maribaya juga tertuang dalam sertifikat Cleanliness, Health, Safety, Enviorment Sustainabillity (CHSE) yang dimiliki. Penerapan protokol kesehatan dari area parkir, antrean tiket, area restoran, sampai sudut-sudut wahana di area wisata dinilai baik tanpa bikin risih pengunjung.

“Kita ditunjuk untuk dibolehkan beroperasi untuk diuji coba mungkin dari penerapan protokol kesehatan yang ketat. Kita juga mengantungi sertifikat CHSE dari Kemenparekraf,” kata Reno.

Modal itu menjadi modal utama The Lodge Maribaya untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan kesehatan wisatawan selama berkunjung. Menurut hasil surveinya, selama penerapan protokol kesehatan tersebut, belum ada satupun pengunjung yang merasa risih atau terganggu.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB

Gaji ASN Bandung Barat Diprediksi Cair Pekan Ini

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:38 WIB
X