Anak Usia 12 Tahun Boleh Masuk Mal Bandung, Tapi Tempat Bermain Masih Tutup

- Selasa, 21 September 2021 | 12:09 WIB
Anak 12 tahun sudah boleh masuk mal Bandung. Tempat bermain indoor Transmart Bojongsoang. Ilustrasi. (dok. Ayobandung.com)
Anak 12 tahun sudah boleh masuk mal Bandung. Tempat bermain indoor Transmart Bojongsoang. Ilustrasi. (dok. Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Anak usia 12 tahun telah dibolehkan masuk ke mal di Kota Bandung. Penerapannya masih menunggu peraturan Wali Kota Bandung yang akan segera dikeluarkan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah menuturkan, peraturan Wali Kota Bandung yang mengatur tentang anak usia di bawah 12 tahun dapat masuk mal masih dalam proses. Peraturan tersebut mengacu kepada intruksi Mendagri nomor 43 tahun 2021 tentang PPKM.

"Iya kalau peraturan Wali Kota Bandung sesuai dengan Inmendagri, Imendagri nomor 43 tahun 2021 sudah keluar jadi selama memang aturan Inmendagri diperbolehkan anak 12 tahun tetapi kita harus tetap tunggu Perwal sedang diproses hari ini. Jadi saya sampaikan tetap harus menunggu Perwal ke teman-teman," ujar Elly, dilaporkan Republika, Selasa, 21 September 2021.

Baca Juga: Penyebab Marak Boneka Pengemis di Bandung: Mereka Sebenarnya Malu Dikasihani

Menurutnya, kebijakan Inmendagri terkait anak usia di bawah 12 tahun bisa masuk mal mulai berlaku hari ini. Namun Kota Bandung masih akan menunggu peraturan Wali Kota Bandung yang masih disusun.

"Waktu uji coba pembukaan mal waktu itu di Kota Bandung beda dengan Jakarta, Semarang mundur satu hari karena menunggu perwal. Uji coba pembukaan mal harusnya Selasa di Bandung baru Rabu karena menunggu perwal," ungkapnya.

Meski anak usia di bawah 12 tahun dapat masuk ke mal, Elly menegaskan wahana permainan anak di dalam mal masih ditutup. Sebab, berdasarkan inmendagri wahana tersebut masih dilarang dibuka.

"Itu dilarang masih Inmendagri 43 bahwa area tempat bermain anak masih ditutup kita tetap harus ditutup jadi tidak boleh bertentangan inmendagri," tutur Elly.

Ditemui secara terpisah, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan Pemkot Bandung akan mempersiapkan aturan terkait sudah diperbolehkan anak usia di bawah 12 tahun masuk ke mal. Kebijakan yang akan dikeluarkan akan menyesuaikan dengan kondisi di Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Bandung Resmi Masuk PPKM Level 2

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Kota Bandung Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Hujan Deras Bikin Banjir Cileuncang di Kota Bandung

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:25 WIB

PPKM Diperpanjang, Kasus Covid-19 Bandung Tersisa 93

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Wagros Jadi Wadah UMKM Jabar Pulihkan Ekonomi

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:59 WIB

Lansia di Jabar Bisa Vaksinasi Covid-19 di Bidan Desa

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:56 WIB
X