Kisah Abah Tarman, Jalan Kaki Puluhan Kilometer Jajakan Keripik di Usia Senja

- Senin, 20 September 2021 | 13:19 WIB
Abah Tarman, penjual keripik berusia senja. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar)
Abah Tarman, penjual keripik berusia senja. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang yang bekerja keras di usia muda agar bisa menikmati pensiun dan hidup nyaman di masa tuanya. Sayangnya, hal ini tak berlaku bagi sebagian orang yang harus banting tulang demi menyambung hidup.

Salah satunya Tarman (69). Di usia senjanya, ia masih berjuang mencari nafkah demi menghidupi anak istrinya. Pria yang berprofesi sebagai penjual keripik ini harus kuat berkeliling belasan hingga puluhan kilometer menjajakan barang dagangannya.

Sambil tergopoh menggunakan tongkat bantu, kakek asal Bandung ini menjual keripik yang ternyata bukan hasil produksinya. Ia membeli dagangannya di pasar, lalu dijual kembali dengan mengambil untuk Rp3.000 sampai Rp5.000 per bungkus. Profesi ini ia tekuni selama hampir 15 tahun.

Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Bandung September Hari Ini: Link Daftar, Lokasi, dan Jadwal Terbaru

"Alhamdulillah, meski gak banyak, abah bersyukur masih bisa berkeliling. Kadang laku kadang sepi, yang penting bersyukur dan sudah berusaha. Dari 2005 abah jualan kaya gini kalau gak salah," ujar Tarman kepada Ayobandung.com, Senin, 20 September 2021.

Tarman mengaku, sering berjualan di sekitaran Cibeunying karena menurutnya berlokasi strategis. Meski tak tentu, dalam 1 bulan ia setidaknya 3 kali menempuh rute ini untuk berjualan. Namun ada fakta menyedihkan ketika ditanya mengapa ia masih berjualan meski sudah berusia lanjut.

Tarman bukan tak ingin menikmati masa tuanya di rumah, ia terpaksa harus mencari nafkah demi menghidupi istri dan cucunya. Anak semata wayangnya pergi entah ke mana meninggalkan sang cucu hidup bersama kakek dan neneknya.

"Sekitar tahun 2000-an anak abah pergi gak tau ke mana, ninggalin anaknya (cucu) sama abah. kadang suka sono (rindu) pengen ketemu, apalagi anaknya sering nanyain. Dulu pas ditinggal usianya masih 8 bulan," tambahnya.

Baca Juga: 11 Bioskop Bandung yang Sudah Buka Setiap Hari, Cek Syarat Masuk dan Lokasi Mal

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Vaksinasi Kota Bandung Capai 99 Persen

Senin, 6 Desember 2021 | 12:35 WIB

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 6 Desember 2021

Senin, 6 Desember 2021 | 05:00 WIB

Lokasi Ganjil Genap Bandung dan Aturan Lengkapnya

Minggu, 5 Desember 2021 | 06:00 WIB
X