Dua Kecamatan di Bandung Barat Belum Izinkan Sekolah Gelar PTM, Apa Alasannya?

- Senin, 20 September 2021 | 12:50 WIB
PTM di SMP 3 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Senin 20 September 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
PTM di SMP 3 Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Senin 20 September 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)


NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dua kecamatan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mengeluarkan izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk jenjang PAUD, Kober, SPS dan SD. Padahal, sedianya pelaksanaan PTM di KBB digelar serentak, pada Senin 20 September 2021.

Diketahui, PTM jenjang PAUD, Kober, SPS dan SD harus mengantongi izin dari Satgas Covid-19 tingkat kecamatan. Dari 16 kecamatan di KBB, tinggal 2 kecamatan yang belum mengeluarkan izin yaitu, Kecamatan Parongpong dan Kecamatan Rongga.

Camat Parongpong Iwan Mustawan Azis mengatakan pihaknya tak mau buru-buru merestui pelaksanaan PTM. Pasalnya, ada serangkaian syarat, baik administratif dan infrastruktur yang mesti benar-benar dilengkapi sekolah. Hal tersebut diperlukan guna menjamin keselamatan siswa agar tidak terpapar Covid-19.

Baca Juga: Ribuan Sekolah di Bandung Barat Gelar PTM Hari Ini, Ini Rinciannya

"Kami sangat berhati-hati mengeluarkan izin ini supaya tidak menimbulkan klaster baru dan tidak disalahgunakan izin ini. Kami memilih tak tergesa-gesa, terlambat sedikit tak apa-apa, asal hasilnya bisa dipertanggungjawabkan sehingga siswa benar-benar aman," kata Iwan saat dihubungi, Senin 20 September 2021.

Iwan menekankan sekolah yang mengajukan izin PTM harus memiliki infrastruktur pendukung, metode pembelajaran, jadwal belajar, skema rombongan belajar, mengantongi izin orang tua dan membentuk satgas Covid-19 sendiri di tingkat sekolah.

Jika semua kelengkapan itu telah dimiliki. Satgas Covid-19 kecamatan baru bisa mengeluarkan rekomendasi melalui sidang pleno. Rencananya, Kecamatan Parongpong akan melaksanakan pleno pada Kamis 23 September 2021.

"Kamis kita akan gelar pleno di gedung PGRI. Sementara ini kita akan kumpulkan untuk SD dulu, agar tidak ada kerumunan. Intinya kita bukan mengulur waktu, tapi kami harus koordinasi dengan Danramil dan Kapolsek karena stagas ini terdiri dari Muspika jadi tidak sendiri," pungkasnya.

Sementara itu, Kecamatan Rongga baru akan menggelar pleno izin PTM terhadap 10 SD, Senin 20 September 2021, hari ini.

"Sampai hari ini kita belum keluarkan izin. Rencananya baru ada 10 sekolah yang mengajukan dan akan pleno hari ini. Kita cek dan varifikasi dulu kelengkapannya. Kalau lengkap baru kita izinkan," kata Camat Rongga Agus Rudianto.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mantan Dandim Diduga Dibunuh Pemilik Toko di Lembang

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:10 WIB
X