Warga Bandung Barat Dapat Ayam Busuk, Diduga Rantai Distribusi Terlalu Panjang

- Senin, 20 September 2021 | 10:55 WIB
BNPT berupa ayam busuk yang diterima sejumlah warga Kabupaten Bandung Barat. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)
BNPT berupa ayam busuk yang diterima sejumlah warga Kabupaten Bandung Barat. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat ikut menelusuri adanya temuan bantuan ayam busuk dan berbau di Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Di wilayah tersebut diketahui ditemukan ayam busuk yang merupakan bagian dari paket Bantuan Pangan Nonton Tunai (BPNT) atau yang kini disebut bantuan sembako.

Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Dan Satriana mengatakan, Ombudsman terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial KBB maupun Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Janji Telusuri Kasus Ayam Busuk dalam Penyaluran BPNT

"Temuan temuan ini harus direspons untuk melihat persoalannya di mana. Dengan adanya kasus ini kami akan koordinasi minimal dengan dinsos," kata Dan saat dihubungi Suara.com pada Senin, 20 September 2021.

Ia menuturkan, hasil penelusuran nantinya dikaji Ombudsman untuk dijadikan sebagai saran perbaikan oleh pemerintah.

"Kami bisa melakukan inisiatif untuk melihat apakah ini terjadi kasus tidak. Sehingga kami bisa menelusuri persoalannya dimana dan memberilan saran perbaikan dalam penyaluran dan pembelian," ujarnya.

Menurut Dan, ada dua kemungkinan yang mengakibatkan paket BPNT berisi ayam busuk. Pertama, katanya, bisa saja dikarenakan pembelian dan juga rantai distribusi yang terlalu panjang sehingga mengakibatkan ayam dan kebutuhan pokok lainnya membusuk.

"Berdasarkan pengalaman kami sebelumnya bantuan sosial non tunai quality control-nya kurang terjamin dan rantai distribusi panjang sehingga terjadi proses penyimpanan," ungkap Dan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Cabai Rawit Bandung Barat Perlahan Turun

Minggu, 23 Januari 2022 | 16:45 WIB

Usia Waduk Saguling di Ujung Tanduk Ini Penyebabnya

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:15 WIB
X