Tips Bisnis Ikan Koi Anti Gagal, Bisa Hasilkan Omset Ratusan Juta

- Minggu, 19 September 2021 | 17:10 WIB
Budidaya Ikan Koi (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Budidaya Ikan Koi (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

CANGKUANG, AYOBANDUNG.COM -- Bisnis ikan koi terbilang menjanjikan, bahkan dalam sebulan bisa menghasilkan uang sampai ratusan juta rupiah. Namun, untuk menjalankan bisnis ini diperlukan ketelitian dalam memelihara ikan.

Salah seorang pengusaha ikan koi asal Cangkuang, Kabupaten Bandung Deny Faurtjahjanto, mengaku dalam sebulan dia bia mendapat omzet Rp100 juta.

"Bisnis ini bisa dilakukan oleh semua orang. Tinggal ada kemauan dan belajar," ujar Deny, Minggu, 19 September 2021.

Baca Juga: Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Temui Penghina Anak, Sampai Bawa Makanan

Pahami Karakter Ikan Koi

Tahap awal memelihara menjadi tantangan terberat, karena harus memahami karakter ikan supaya koi yang dihasilkan benar-benar berkualitas.

"Untuk mendapat ikan berkualitas, beri pakan yang baik dan cukup. Gabung komunitas untuk mencari pengalaman dan ilmu. Biasanya di dalam komunitas suka ada sharing," ujar Deny.

Kenali Karakter Ikan Koi

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah mengenal karakter ikan koi. Ikan asal Jepang tersebut dinilai sangat sensitif, sehingga jika ingin membudidaya baik itu memijahkan atau membesarkan ikan, harus telaten.

Deny memaparkan, habitat ikan Koi di Jepang memiliki karakter tertentu. Karakter tersebut harus juga diadaptasi di Indonesia yang beriklim tropis.

Baca Juga: Huawei Mate 50 Bakal Dirilis Oktober, Ini Bocorannya

Karakter air tiap tempat akan berbeda. Sehingga, membutuhkan penanganan berbeda. Dia menyontohkan air di rumah dengan air di penangkaran akan berbeda baik PH, kadar oksigen dan lainnya akan berbeda pula.

"Penanganan  air di tiap tempat tentu akan berbeda. Takaran unsur dalam air yang cocok untuk koi harus disesuaikan," ujarnya.

PH air

Dalam penanganan air, wajib diperhatikan adalah PH air, kandungan oksigen, juga kejernihan. Kandungan tersebut bisa diatur dengan alat-alat tertentu, baik filter, pengatur oksigen, pengatur suhu, mapun pengatur PH air.

Sehingga, jika ingin budidaya ikan koi wajib hukumnya membeli peralatan pendukung supaya ikan bisa nyaman dan sehat.

"Perhatikan juga kondisi ikan. Ikan yang sakit harus dirawat," katanya.

Telaten dengan banyak kerumitan

Jika sudah mengetahui hal-hal tersebut, Deny yakin setiap orang bisa sukses berbisnis ikan koi, bahkan memiliki omzet ratusan juta seperti dirinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

"Karena ada banyak kerumitan. Pada tahap awal, beli benih ikan yang paling murah dulu. Untuk mengenal karakter ikannya. Kalau sudah mengenal karakter ikan, baru membeli benih yang berkualitas tinggi," ujarnya.

Dia berujar, benih ikan koi yang murah bukan berarti tidak berkualitas. Dengan perawatan yang tepat, bukan hal tidak mungkin benih murah akan menghasilkan koi dengan harga tinggi.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X