Kesaksian Warga 3 Hari Bermalam di Gunung Hejo, Ungkap Misteri Cipularang KM 97

- Jumat, 17 September 2021 | 08:34 WIB
Petilasan keramat di puncak Gunung Hejo. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)
Petilasan keramat di puncak Gunung Hejo. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Insiden kecelakaan kerap terjadi di Tol Cipularang KM 96-97. Konon, kecelakaan-kecelakaan di Tol Cipularang kerap dikaitkan dengan Gunung Hejo yang tepat berada di sampingnya.

Gunung Hejo yang ada di wilayah di Darangdan, Kabupaten Bandung Barat, banyak dikenal akan halal mistis dan mitosnya. Di puncak Gunung Hejo, terdapat petilasan atau makam keramat yang sering dijadikan tempat pesugihan.

Mitos itupun mengundang penasaran Supriadi (35), warga Kampung Cikondang, Desa Mekarsari, Kecamatan, Kabupaten Purwakarta. Ia mendatangi makam keramat tersebut pada 2008.

Baca Juga: Gunung Hejo, Kisah Dibalik Misteri Tol Cipularang

Bukan hanya sekadar mendatangi, ia menginap di Gunung Hejo selama tiga malam pada pertengahan 2008. Tepatnya malam Jumat, Sabtu, dan Minggu, tanpa membawa makanan sama sekali.

"Motivasinya penasaran. Sebenarnya di tempat tersebut itu seperti apa, ada apa hingga banyak cerita yang selalu dikait-kaitkan dengan hal gaib hingga mistis," kata Supriadi kepada Suara.com belum lama ini.

Berangkat dari rasa penasaran itu, Supriadi terlebih dahulu menemui kuncen Gunung Hejo, Mustopa bin Ija Banten alias Abah Kecrik (97) di Kampung Cijurey, RT 14/05, Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

Ia berangkat pada Kamis siang, mengingat jarak dari rumahnya ke Gunung Hejo butuh perjuangan ekstra. Surpriadi meminta izin kuncen tersebut untuk melakukan semedi atau mati geni selama tiga hari tiga malam.

"Saya melakukan ziarah/bersemedi dan berpuasa selama 3 hari 3 malam atau disebut mati geni," ucap pria yang kerap disapa Ues itu.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Update Covid-19 Bandung Barat, Kasus Tersisa 16

Senin, 25 Oktober 2021 | 08:30 WIB

Rumah Retak Akibat Blasting PT KCIC Ditinjau KLHK

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:44 WIB
X