Jumlah Penumpang Angkot di Bandung Barat Diprediksi Menggeliat Saat Dimulai PTM

- Kamis, 16 September 2021 | 15:51 WIB
Penumpang angkot di Bandung Barat diprediksi naik saat mulai PTM. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Penumpang angkot di Bandung Barat diprediksi naik saat mulai PTM. Ilustrasi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Sektor usaha jasa transportasi umum di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diprediksi bakal menggeliat sering rencana pemerintah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM), pada 20 September 2021 mendatang.

Penumpang dari kalangan pelajar yang selama ini menurun karena PPKM, diprediksi akan memakai lagi sejumlah trayek-trayek yang biasa melalui lembaga pendidikan.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) KBB, Eman Sulaeman mengatakan adanya PTM akan meningkatkan jumlah pemakai jasa transportasi umum. Diprediksi peningkatan jumlah penumpang berkisar antara 10-15%.

Baca Juga: Organda Dorong Trayek Padalarang-Cipongkor dan Cimareme-Ngamprah Direalisasikan

"PTM tentu berdampak positif pada sektor angkutan umum. Kita prediksi antara 10-15%, karena kegiatan PTM pun tidak semua sekolah, masih ada yang tutup juga," paparnya, Kamis, 16 September 2021.

Diketahui, hampir satu tahun lebih pelaku usaha transportasi di Bandung mengalami penurunan pendapatan karena terdampak pandemi Covid-19. Di tutupnya tempat-tempat umum selama PPKM membuat jumlah penumpang anjok.

Hadirnya PTM kali ini berdampak positif pada sektor jasa angkutan umum di semua trayek. Namun, Dishub memprediksi kenaikan paling signifikan bakal terjadi di 5 jurusan angkutan umum yaitu, Padalarang-Cimahi, Batujajar-Cimahi, Cikalong-Padalarang, Leuwipanjang-Padalarang, dan Rajamandala-Padalarang.

"Seluruh trayek memang akan naik. Tapi yang utama 5 trayek ini, karena melewati banyak sekolah," jelas Eman.

Dalam rangka menghadapi PTM, Dishub telah gencar melakukan sosialisasi penerapan prokes di angkutan umum. Selain itu, vaksinasi terhadap pelaku transportasi juga terus digenjot.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X