SMA Sederajat di Bandung Barat Siap Ikut PTM Mulai 20 September 2021

- Kamis, 16 September 2021 | 12:28 WIB
Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah VI Dinas Pendidikan Jawa Barat, Endang Susilastuti. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Kepala Kantor Cabang Dinas Wilayah VI Dinas Pendidikan Jawa Barat, Endang Susilastuti. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Puluhan sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap mengikuti rencana pemerintah daerah untuk mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM), pada 20 September 2021 mendatang.

PTM jenjang pendidikan tinggi ini digelar secara bertahap. Dari jumlah total 178 SMA, SMK, dan SLB di KBB, Disdik hanya mencoba untuk 15% sekolah saja. Jumlah itu bisa saja berubah, tergantung hasil verifikasi dan kesiapan dari sekolah.

"Secara kewenangan milik provinsi, tapi secara ke wilayah kita ikut keputusan kabupaten. Kalau kabupaten menyatakan tanggal 20 September, kita akan sama (melakukan PTM). Paling tidak 10-15 persen dulu," kata Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah VI Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Endang Susilastuti, Kamis 16 September 2021.

Baca Juga: Ogah Mangkrak, Proyek Gedung Dewan bakal Dapat Rp39 Miliar dari Banggar DPRD KBB

Endang mengatakan, 179 sekolah di Bandung Barat itu terbagi kepada 60 SMA, 101 SMK, dan 17 SLB. Mayoritas kelengkapan infrastruktur pendukung PTM di lembaga pendidikan di bawah KCD wilayah VI telah siap. Namun hal itu tidak serta merta bisa menyelenggarakan PTM. Pasalnya harus pula melalui verifikasi satgas di tingkat kecamatan.

"Kita lakukan verifikasi dan validasi. Selain itu ada dari puskesmas dan satgas kecamatan, semu harus melakukan verifikasi dalam rangka menjamin sekolah benar-benar siap. Walau pun memang saya kira mereka sudah siap," papar Endang

"Kita lihat dulu. Karena kesiapan itu terutama dari sekokah. Mereka harus siapkan juga SOP, sarana dan prasarana, strategi pembelajaran, dan lainnya," tambahnya.

Setelah selesai verifikasi oleh satgas Covid-19 di kecamatan, Disdik bakal intens melakukan monitoring dan evaluasi. Pihaknya bakal bekerja sama dengan aparat keamanan seperti Babinsa dan Babinkamtibmas agar sepulang sekolah siswa tidak buat kerumunan.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Mandiri Tes SKD CPNS dan PPPK non Guru 2021 Pemkab Bandung Barat

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X