Ogah Mangkrak, Proyek Gedung Dewan bakal Dapat Rp39 Miliar dari Banggar DPRD KBB

- Rabu, 15 September 2021 | 18:06 WIB
Badan Anggaran DPRD KBB memastikan pembangunan gedung dewan akan dibiayai APBD Perubahan tahun 2021 guna mengantisipasi proyek mangkrak.  (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Badan Anggaran DPRD KBB memastikan pembangunan gedung dewan akan dibiayai APBD Perubahan tahun 2021 guna mengantisipasi proyek mangkrak. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan pembangunan gedung dewan akan dibiayai APBD Perubahan tahun 2021 guna mengantisipasi proyek mangkrak. 

Rencananya, Banggar bakal mengucurkan dana Rp39 miliar untuk meneruskan pembangunan gedung DPRD.

Pasalnya, kontrak proyek itu akan berakhir pada tahun 2021. Maka, mau tak mau pemerintah harus siapkan dana agar tidak mangkrak. 

"Kontrak pembangunan ini kan sampai 2021, ini udah maksimal 3 tahun. Kalau gak selesai akan mangkrak. Kalau mangkrak kan tidak bagus juga, apalagi ini sudah direncanakan sejak awal. Maka kita coba siapkan Rp39 miliar," kata Sekretaris Komisi III DPRD KBB, Gumilar, Rabu 15 September 2021. 

Menurutnya, DPRD KBB bersama Pemda KBB menyiapkan dua skema untuk pembangunan gedung dewan yaitu, skema pembangunan hingga tuntas atau pembangunan bertujuan fungsional.

"Kita berharap minimal fungsional. Artinya bisa bisa dipakai dulu untuk rapat-rapat dewan. Sehingga tak perlu lagi menggelar rapat di luar," tambahnya. 

DPRD juga membantah bahwa anggaran pembangunan gedung dewan memakai dana dari hasil pemotongan OPD lain.

Menurutnya, hal itu tidak benar, karena anggaran yang dipakai justru menggunakan dana penangguhan pembayaran pinjaman PT SMI pada tahun ini. 

"Muncul isu bahwa pendanaan gedung dewan memakai anggaran dari pemotongan dari dinas-dinas lain. Kita pastikan tidak benar ada pemangkasan anggaran dari dinas lain, waktu ekspose di banggar PUTR menyatakan ini memakai dana penangguhan pembayaran PT SMI tahun 2022," papar Gumilar. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Artikel Terkait

Terkini

PTM di KBB akan Ditutup, Jika Muncul Klaster Baru

Jumat, 24 September 2021 | 19:23 WIB
X