Sungai-sungai di Cimahi Berwarna Hitam, Ini Penampakannya

- Selasa, 14 September 2021 | 16:37 WIB
Salah satu aliran sungai di Kota Cimahi yang berwarna hitam pekat. Sungai yang berada di daerah industri ini diduga tercemar dengan tingkat berat. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)
Salah satu aliran sungai di Kota Cimahi yang berwarna hitam pekat. Sungai yang berada di daerah industri ini diduga tercemar dengan tingkat berat. (Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Barat mengungkapkan, mayoritas sungai di Kota Cimahi masuk kategori tercemar berat. Limbah domestik dan industri diduga menjadi biang keladinya.

Direktur Walhi Jabar Meiki W Paendong menuturkan, banyak sungai di Cimahi yang kadar pencemarannya melebihi ambang batas yang ditetapkan.

"Tercemar beratnya limbah domestik yang ditandai ambang batas BOD (Biological Oxygen Demand) dan COD (Chemical Oxygen Demand) tinggi. Kalau yang berada di kawasan industri bercampur dengan kandungan logam berat," kata Meiki ketika dihubungi Suara.com, Selasa, 14 September 2021.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Mandiri Tes SKD CPNS dan PPPK non Guru 2021 Pemkot Cimahi

Berdasarkan pantauan, di sejumlah sungai di Kota Cimahi nyaris tak ada satu aliran pun yang masih jernih. Bahkan ada sungai yang berwarna hitam pekat.

Selain itu, sampah juga jadi pemandangan yang terlihat di sejumlah aliran sungai di Kota Cimahi.

Meiki mengatakan, tercemarnya aliran sungai di Kota Cimahi otomatis akan berdampak terhadap aliran Sungai Citarum.

Sebab, anak sungai yang ada di Kota Cimahi pada akhirnya akan bermuara di Sungai Citarum.

Untuk itu, kata dia, untuk penanganan Sungai Citarum Harum seharusnya juga mencakup anak sungai yang berada di Cekungan Bandung. Termasuk di Kota Cimahi yang sudah masuk kategori tercemar berat.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Keping KTP di Kota Cimahi Dibakar, Ada Apa?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:35 WIB
X