Penjual Sertifikat Vaksin Palsu di Bandung Ternyata Mantan Relawan Vaksin

- Selasa, 14 September 2021 | 14:18 WIB
Penjual sertifikat vaksin palsu salah satunya mantan relawan vaksin. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
Penjual sertifikat vaksin palsu salah satunya mantan relawan vaksin. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)

CINAMBO, AYOBANDUNG.COMPolda Jabar berhasil membongkar sindikat jual beli sertifikat vaksin palsu, tanpa disuntik terlebih dahulu, di Bandung.

Dari pengungkapan ini, Subdit V Siber Dit Reskrimsus menahan tiga orang dan salah satunya merupakan mantan relawan vaksinasi Covid-19, IF (27) pada 6 September 2021.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Erdi A. Chaniago menjelaskan, IF menyalahgunakan wewenangnya sebagai mantan relawan vaksin covid-19 terhadap akses yang masih bisa dia akses ke situs pcare.bjps-kesehatan.go.id/vaksin/login, yang terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Nahas Warga Bandung Ini, Tak Bisa Vaksin karena Nomor KTP Dipakai Orang Lain

Dua tersangka lainnya, MY (26) dan HH (27) merupakan rekan dari IF. Kedua orang tersebut berperan sebagai agen penawar jasa pembuatan sertifikat vaksin tanpa disuntik vaksin. Kedua orang ini menawarkan jasa tersebut di media sosial.

"MY dan HH agen pemasaran jasa sertifikat vaksin melalui media sosial, dan pembuat sertifikat vaksin dilakukan oleh mantan relawan vaksinasi," kata Erdi di Gedung Ditlantas Polda Jabar,

Dari penyalahgunaan wewenang ini, sindikat IF bersama MY dan HH telah membuat sertifikat vaksin tanpa disuntik terlebih dahulu sebanyak 26 sertifikat.

Penyidik melakukan di jejaring internet dan menemukan penawaran pembuatan sertifikat vaksin tanpa divaksin terlebih dahulu, dengan tarif pembuatan sebesar Rp300.000 per sertifikat.

Baca Juga: Sertifikat Vaksin Palsu Dijual Rp200.000 per Sertifikat di Facebook

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMKG Ungkap Penyebab Hujan Es di Kota Bandung

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:58 WIB

Sah! Kota Bandung Deklarasi Jadi Kota Angklung

Sabtu, 21 Mei 2022 | 14:30 WIB
X