Jepang Hibah Prototype Mesin Sampah, Bisakah Jadi Solusi Sampah di Bandung?

- Selasa, 14 September 2021 | 13:38 WIB
Tim teknisi mengoperasikan prototipe mesin pengolah sampah di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Senin 13 September 2021. (Ayobandung.com/Irfan Al Faritsi)
Tim teknisi mengoperasikan prototipe mesin pengolah sampah di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Senin 13 September 2021. (Ayobandung.com/Irfan Al Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendapatkan hibah prototype mesin pengolah sampah dengan cara dibakar, dari Jepang. Mesin pengolah sampah tersebut dapat melebur limbah plastik yang selama ini menjadi masalah besar di Kota Bandung.

Menurut Wali Kota Bandung Oded M Danial mesin pengolah sampah itu saat ini sedang diteliti dan dikembangkan oleh Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

“Jadi teknologi dasar dari Jepang. Sekarang UPI sedang kembangkan karena emisi yang dikeluarkan perlu disempurnakan supaya lebih aman,” ujar Oded saat meninjau penelitian mesin pengolah sampah di UPI, Senin 13 September 2021.

Jika nantinya penelitian tersebut telah selesai, Oded berharap mesin pengolah sampah ini dapat di tempatkan di setiap RW di Kota Bandung.

“Kalau di setiap RW ada satu (mesin pengolah sampah) selesai (masalah sampah) dan bertahap nanti,” ujar Oded.

Dia menerangkan mesin pengolah sampah ini punya sejumlah keunggulan. “Pertama, skalanya kecil, harapan kita kan desentralisasi. Kedua, dengan skala kecil ini diharapkan betul-betul dapat dirasakan di tingkat RW,” katanya.

Baca Juga: Bandung Barat Buat TPA Baru di Cipatat untuk Kelola Sampah Sendiri

Permasalahan Sampah di Kota Bandung

Permasalahan pengolahan sampah di Kota Bandung bagai mengurai benang kusut. Selalu menemui masalah baru ketika ada solusi yang dijalankan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tiga Kios Terbakar di Jalan Soekarno Hatta

Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:11 WIB

Jadwal Sholat Bandung Hari Ini 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 04:00 WIB

Cantiknya Warna Warni Mural di Babakan Siliwangi

Jumat, 15 Oktober 2021 | 13:23 WIB

Kebakaran di Pagarsih Hanguskan Lima Rumah

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:41 WIB
X