Hersubeno Arief Diduga Sebar Hoaks Megawati Sakit Koma, DPC PDIP KBB Lapor ke Polisi

- Senin, 13 September 2021 | 20:41 WIB
Megawati Soekarno Putri (Wikimedia Commons/Dahrodji (CC))
Megawati Soekarno Putri (Wikimedia Commons/Dahrodji (CC))

Hersubeno Arief dianggap telah menyebabkan miss informasi tentang kesehatan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri.

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Bandung Barat (KBB) ikut melaporkan Hersubeno Arief atas dugaan tindak pidana berita bohong (hoaks). 

Hersubeno Arief dianggap telah menyebabkan miss informasi tentang kesehatan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri.

Ia dinilai telah mengabarkan info tak benar bahwa Megawati sakit dengan kondisi koma di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta. 

Laporan tersebut dilakukan oleh sejumlah kader DPC PDIP KBB ke Polres Cimahi, pada Senin. 13 September 2021. 

"Informasinya begitu liar, negatif dan merugikan baik secara pribadi, keluarga maupun secara kelembagaan Partai. Pasalnya, informasinya mengabarkan bahwa Ibu Megawati Soekarno Putri dikabarkan telah sakit dengan kondisi koma di RSPP," kata Wakil Ketua Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan DPC PDIP KBB, Jelly Carlisya Supriyadi.

Menurut Jelly, informasi tersebut menjadi meluas dan tersebar masif setelah disampaikan oleh Hersubeno Arief; dan kemudian dijadikan referensi oleh semua media. Pernyataan itu membuat heboh masyarakat Indonesia. 

"Padahal informasi atau kabar yang telah disampaikan oleh Hersubeno Arief, merupakan informasi tidak benar dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya kepada publik karena pada faktanya Ibu Megawati dalam keadaan baik dan sehat wal’afiat tanpa kurang apa pun," tegasnya. 

Menurutnya, tindakan Hersubeno Arief sudah masuk dalam kategori perbuatan tindak pidana sebagaimana yang diatur Pasal 55 ayat (1) angka ke–1 KUHP dan dapat dipidana sebagaimana yang diatur dalam Pasal 55 ayat (1) KUHP. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X