Hotel dan Restoran di Kabupaten Bandung Belum Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

- Senin, 13 September 2021 | 16:03 WIB
Hotel dan restoran belum pakai aplikasi PeduliLindungi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Hotel dan restoran belum pakai aplikasi PeduliLindungi. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Vaksinasi belum menjadi syarat kunjungan ke hotel dan restoran di Kabupaten Bandung. Pasalnya, Kementerian Kesehatan belum memberikan akses aplikasi PeduliLindungi kepada perusahaan hotel dan restortan di Kabupaten Bandung.

Ketua PHRI Kabupaten Bandung Use Juhaya mengatakan, pemerintah telah menggembor-gemborkan syarat masuk hotel dan restoran harus telah mengikuti vaksinasi, namun hal tersebut belum dilengkapi dengan sarana dan prasarana, yakni akun aplikasi peduli-lindungi bagi hotel dan restoran.

"Untuk hotel dan restoran di Kabupaten Bandung belum mendapat link aplikasi peduli lindungi dari Kementerian Kesehatan. Kan aktivasi akunnya dari Kemenkes," uajr Use, Senin 13 September 2021.

Baca Juga: Cara Daftar Vaksin Bandung Update Terbaru September 2021, Catat Link dan Lokasinya

Use mengakui vaksinasi bisa membentuk herd immunity sehingga sangat disarankan untuk diterapkan di seluruh aspek, termasuk hotel dan restoran.

"Kami mendorong agar pemerintah melakukan percepatan agar kami bisa mendaftarkan perusahaan hotel dan restoran untuk mendapat link PeduliLindungi," ujarnya.

Dibukanya objek wisata dengan syarat ketat, diprediksi akan berdampak juga terhadap kunjungan hotel dan restoran. Sehingga untuk keamanan dan kenyamanan bersama, perlu dilakukan langkah serupa yakni pengunjung harus telah mengikuti vaksinasi.

"Sekarang mungkin karena objek wisata baru dibuka beberapa hari, belum berdampak terhadap kunjungan hotel dan restoran. Tapi nanti pasti kunjungan akan meningkat," ujarnya.

Use melanjutkan, hotel dan restoran di Kabupaten Bandung sangat terdampak covid-19, bahkan beberapa di antaranya berada diambang kebangkrutan karena tidak adanya tamu.

Baca Juga: Wisata Kota Bandung Masih Tutup Meski Sudah Diizinkan Buka, Kenapa?

Dengan dibukanya wisata, menjadi harapan baru kembalinya geliat ekonomi khususnya dalam bisnis jasa akomodasi dan kuliner. Penerapan protokol kesehatan juga telah diterapkan oleh pengelola hotel dan restoran.

Aplikasi peduli-lindungi, bisa menjadi penguat kepercayaan masyarakat terhadap keamanan dan kenyamanan tamu hotel dan restoran.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X