Ribuan Siswa di Cimahi Tak Bisa Ikut PTM, Ini Penyebabnya

- Senin, 13 September 2021 | 14:42 WIB
PTM di SMP 1 Kota Cimahi, Senin 6 September 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
PTM di SMP 1 Kota Cimahi, Senin 6 September 2021. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Cimahi tak bisa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Data Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi mencatat dari total 47.000 siswa SD di Cimahi yang tidak hadir PTM Terbatas mencapai 1.900 orang. Sedangkan siswa SMP, dari sekitar 21.000 siswa sekitar 19.000 siswa tidak ikut PTM.

"Yang tak bisa hadir cukup banyak, siswa SD 1.900 orang sedangkan SMP 19.000 siswa," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono, Senin 13 September 2021.

Baca Juga: The Lodge Maribaya Lembang Dibuka, Ini Ketentuan dan Syarat Masuknya

Disdik Cimahi menyebut ribuan siswa tak bisa ikut PTM bermacam-macam, mulai dari tak diizinkan orang tua, belum divaksin hingga masih menjalani karantina usai bepergian dari luar daerah.

"Macam-macam alasannya, ada yang belum diizinkan, takut karena belum vaksin, sakit, baru dari luar kota," papar Harjono.

Sementara untuk guru yang kebagian mendapat jatah untuk mengajar, terang Harjono, semaunya hadir sesuai yang dijadwalkan. "Tidak ada kelas yang tidak ada gurunya saat PTM," ucapnya.

Harjono membeberkan, semua sekolah juga mengusulkan agar durasi jam pembelajaran ditambah. Sebab durasi yang sudah diterapkan pada PTM masa transisi ini dianggap masih kurang.

"Selain itu juga adapotensi kerumunan saat jadwal masuk maupun pulang siswa. Kita carikan solusi agar anak-anak waktu pulangnya diatur tidak serentak," jelasnya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Keping KTP di Kota Cimahi Dibakar, Ada Apa?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:35 WIB
X