Padepokan Parukuyan Gelar Pasar Rakyat, Dimeriahkan Budaya Sunda dan Dayak

- Senin, 13 September 2021 | 12:22 WIB
Pasar Rakyat kembali hadir di Padepokan Parukuyan Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu, 12 September 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)
Pasar Rakyat kembali hadir di Padepokan Parukuyan Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu, 12 September 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masyarakat Bandung mendapat suguhan menarik pada akhir pekan kemarin, Minggu, 12 September 2021. Pasar Rakyat kembali hadir di Padepokan Parukuyan Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Pasar Rakyat merupakan program rutin Padepokan Parukuyan yang sudah terlaksana sebanyak tujuh kali. Kali ini, Program Pasar Rakyat yang mengusung tema “Pesona Borneo di Tanah Pasundan” Para seniman dan budayawan Kasundaan berkolaborasi dengan teman-teman adat asli Dayak.

Adapun kesenian yang ditampilkan dalam kegiatan tersebut di antaranaya, music Sape, atraksi Mandau, tangkint bara api, kuntau, tari gong dan tari ruai. Sementara dari tanah Pasundan ada debus, Singa Depok, silat, jaipong, cianjuran, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Wisata Glamping Lakeside dan Kawah Putih Buka, Cek Syarat Masuknya

Acara berlangsung meriah, berbagai atraksi budaya ditampilkan satu per satu. Pengunjung dari berbagai kalangan melotot takjub dengan berbagai suguhan acara.

Terutama ketika budaya Suku Dayak unjuk kebolehan dengan budayanya. Atraksi mandau membuat penonton yang mayoritas orang Sunda terperangah.

Salah satunya atraksi mandau terbang, dengan lincah para pemain melempar dan melakukan aksi yang menuai decak kagum. Selain itu tarian serta tampilan pakaian adat asli Dayak ikut memeriahkan acara Pasar Rakyat kali ini.

Pasar Rakyat hadir di Padepokan Parukuyan Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu, 12 September 2021. (Ayobandung.com/Muslim Yanuar Putra)

Baca Juga: Elegi Sopir Ontang-anting Kawah Putih: Jual TV, Gadai Mobil, hingga Jadi Kuli

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X