Jadi 'Alat' Masuk Objek Wisata, Aplikasi PeduliLindungi Tidak Populer di Masyarakat

- Minggu, 12 September 2021 | 19:55 WIB
Aplikasi Pedulilindungi.id; Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang bisa memunculkan sertifikat vaksin covid-19 bagi warga yang telah divaksin. (Kominfo)
Aplikasi Pedulilindungi.id; Aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang bisa memunculkan sertifikat vaksin covid-19 bagi warga yang telah divaksin. (Kominfo)

RANCABALI, AYOBANDUNG.COM -- Aplikasi PeduliLindungi yang kini menjadi 'alat' masuk ke objek wisata ternyata belum begitu populer bagi sejumlah kalangan masyarakat. Hal tersebut menjadi kendala tersendiri baik bagi pengelola objek wisata maupun wisatawan.

Jery, salah seorang wisatawan asal Jakarta, diminta mengunduh aplikasi PeduliLindungi supaya bisa melakukan scan barcode sebagai syarat masuk objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung.

"Bagi kami anak muda, aplikasi PeduliLindungi sudah tidak asing. Tapi bagi orang tua, menjadi kendala tersendiri," ujar Jery, Minggu 12 September 2021.

Baca Juga: Masyarakat Wajib Gunakan Aplikasi Peduli Lindungi, STRP dan Surat Tugas Dihapus!

Jery datang ke Kawah Putih bersama kedua orang tuanya, juga anaknya yang masih di bawah 12 tahun. Saat hendak masuk, orang tuanya yang sudah berumur sedikit kesulitan saat harus mengunduh dan menjalankan aplikasi tersebut.

"Oran tua kan kurang familier dengan proses mengunduh juga menjalankan aplikasi. Harusnya disiapkan semacam bit.ly, jadi tinggal klik," ujarnya.

Sementara anaknya yang masih berusia di bawah 12 tahun tidak bisa masuk objek wisata. Dia terpaksa ditinggalkan karena batasan usia yang tidak membolehkan anak kecil masuk ke objek wisata.

Site Manager Kawah Putih Ari Kurniawan mengakui, penggunaan aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu masalah yang dihadapi di lapangan.

Selain tidak familier bagi sebagian kalangan masyarakat terutama orang tua, tidak sedikit juga pengunjung yang belum memiliki gawai pintar.

Bahkan ada beberapa orang yang justru tidak memiliki gawai pintar sama sekali.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perahu Eretan Penyelamat Anak Sekolah di Majalaya

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:57 WIB
X