Pelaku Usaha Transportasi Wisata bakal Terima Bantuan, Begini Skemanya!

- Jumat, 10 September 2021 | 17:59 WIB
[Ilustrasi bus] usaha jasa transportasi pariwisata akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[Ilustrasi bus] usaha jasa transportasi pariwisata akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — Pelaku usaha jasa transportasi pariwisata akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Rencana itu digulirkan sebagai solusi pemilihan ekonomi bagai pelaku wisata yang terdampak Pandemik Covid-19.

Pasalnya, ditutupnya destinasi wisata membuat jasa transportasi itu ikut lumpuh. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat ini masih menggodok jenis bantuan tersebut.

"Kita lagi menggodok dengan Kementerian Keuangan adalah bantuan pemerintah untuk usaha pariwisata. Termasuk juga penyelenggara bus-bus pariwisata. Ini kita harapkan bisa rampungkan segera," ujar Sandiaga saat berkunjung ke Alam Wisata Cimahi, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi,  pada Jumat 10 September 2021

Sandiaga menyebutkan selain bantuan, pemerintah juga sudah bekerja sama dengan pengusaha bus pariwisata dengan cara memakai untuk akomodasi para tenaga kesehatan. 

Jadi, kata dia, ada bus pariwisata yang digunakan untuk mengangkut para tenaga kesehatan dari penginapan yang disediakan pemerintah ke tempatnya bertugas untuk menangani pasien Covid-19. 

"Tenaga kesehatan yang sudah disediakan tempat akomodasi dan bekerja sama dengan industri pariwisata dan industri transportasi, agar bus-bus pariwisata ini bisa digunakan para nakes untuk mereka menjangkau tempat mereka bertugas maupun tempat istirahat mereka," pungkas Sandiaga. 

Pengusaha di Cimahi Terpaksa Jual Bus Wisata

Usaha transportasi pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi yang terdampak di masa Pandemik Covid-19.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Ribuan Keping KTP di Kota Cimahi Dibakar, Ada Apa?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:35 WIB
X