Biokonversi Magot, Metode Pengelolaan Sampah Penghasil Uang Ratusan Juta

- Jumat, 10 September 2021 | 15:50 WIB
Ketua Bank Sampah Mandiri Tematik magot Desa Cileunyi Wetan, Deni Sulaeman. (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)
Ketua Bank Sampah Mandiri Tematik magot Desa Cileunyi Wetan, Deni Sulaeman. (Mildan Abdalloh/Ayobandung.com)

CILEUNYI, AYOBANDUNG.COM -- Jika dikelola dengan baik dan tepat, sampah bisa menghasilkan uang banyak. Bahkan untuk pengelolaan sampah skala RT bisa bernilai ekonomi sampai ratusan juta rupiah.

Pemanfaatan pengelolaan sampah ini dilakukan Bank Sampah Mandiri Tematik magot di RW 07 Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Dari sampah 2 RT di RW tersebut mampu dikelola sampai menghasilkan uang bernilai jutaan rupiah.

Ketua Bank Sampah Mandiri Tematik magot Desa Cileunyi Wetan, Deni Sulaeman mengatakan, pengelolaan sampah di daerah tersebut baru berjalan sekitar 2 tahun. Metode yang digunakan adalah biokonversi magot.

Baca Juga: 9 HP Snapdragon 665 2 Jutaan Terbaru September 2021

"Dari 3 RT yang ada di RW 7 ini, hanya 2 RT yang sampahnya kami kelola," ujar Deni kepada Ayobandung.com, Jumat 10 Septermber 2021.

Secara rutin, Deni menyebut, sampah dari sekitar 450 jiwa yang ada di 2 RT tersebut diangkut. Sampah kemudian dipilah di sebuah lahan yang dijadikan tempat pengolahan.

Sampah anorganik dipilah kembali, sebagian seperti plastik bekas kemasan air mineral dan kertas dipisahkan, sisanya dibakar menggunakan tungku pembakaran.

"Sebenarnya target kami tidak ada pembakaran. Kedepan kalau masih dibakar, abu bekas pembakarannya mau dijadikan bahan membuat pavingblok," ujarnya.

Sementara, sampah anorganik seperti botol air kemasan dan kertas dikumpulkan untuk dijual ketika jumlahnya sudah banyak.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X