KPK: 10 Aset Pemerintah Kota Bandung Bermasalah

- Selasa, 7 September 2021 | 19:00 WIB
KPK, melalui Direktur Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah II, Yudhiawan, dari 10 aset itu 3 di antaranya telah diidentifikasi untuk pemulihan manajemen asetnya ditandai dengan sertifikasi milik Pemkot Bandung. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
KPK, melalui Direktur Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah II, Yudhiawan, dari 10 aset itu 3 di antaranya telah diidentifikasi untuk pemulihan manajemen asetnya ditandai dengan sertifikasi milik Pemkot Bandung. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)
SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM — KPK mencatat terdapat 10 aset Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang masih bermasalah di tahun 2021 ini.
 
KPK, melalui Direktur Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah II, Yudhiawan, dari 10 aset itu 3 di antaranya telah diidentifikasi untuk pemulihan manajemen asetnya ditandai dengan sertifikasi milik Pemkot Bandung.
 
Ketiga aset tersebut antara lain, Kebun Binatang Bandung (KBB), Taman Lalu Lintas, dan lahan eks Jatayu Molek.
 
"Salah satu lokasi lainnya, Insyaallah telah selesai dengan diterbitkannya sertifikat hak pakai kantor Kelurahan Cigending," ujar Yudhiawan di Taman Lalu Lintas, Bandung, Selasa, 7 September 2021.
 
Tanah KBB seluas 139.943 meter persegi ini, terletak di Jalan Tamansari/Jalan Kebun Binatang No. 6 Kelurahan Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung senilai Rp2,4 Triliun. 
 
Kemudian, aset berupa lahan eks area Jatayu Molek seluas 75.689 meter persegi senilai Rp564 Miliar.
 
Dan, aset tanah Taman Lalu Lintas seluas 34.965 meter persegi senilai Rp458,9 Miliar. Sehingga, total nilai ketiga aset tersebut dengan nilai jual objek pajak (NJOP) tahun 2021 ditaksir berjumlah total Rp3,4 Triliun.
 
Adapun ketujuh aset Pemkot Bandung yang bermasalah antara lain: TPU Gemuruh, Menara Beaconlight Babakansari, Area Selatan Sor Gedebage, tanah pengganti SDN Cikadut, eks kelurahan Binong, kantor KUA Kecamatan Batununggal, eks RPH Jalan Setiabudhi.
 
Di tempat yang sama, Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, tiga aset milik Pemkot yang diamankan dengan sertifikasi antara lain, Kebun Binatang Bandung (KBB), Jatayu Molek (Cicendo), dan Taman Lalu Lintas.
 
Ke depan, pihaknya akan mengakuisisi aset-aset Pemkot lain untuk diamankan dengan disertifikasi kepemilikannya.
 
"Mudah-mudahan tahun ini kita (selesaikan) 10 (aset Pemkot lain yang sedang bermasalah)," kata Oded. [*]
 
 
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 21 Januari 2022

Jumat, 21 Januari 2022 | 05:00 WIB
X