Coretan 'JOKOWI SEHAT?' Muncul di Flyover Pasupati Bandung

- Sabtu, 4 September 2021 | 20:50 WIB
Coretan 'Jokowi Sehat?' di Flyover Pasupati Bandung (Gelar Aldi)
Coretan 'Jokowi Sehat?' di Flyover Pasupati Bandung (Gelar Aldi)

 
BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Coretan 'JOKOWI SEHAT?' tertera di flyover Pasupati, Kota Bandung, Sabtu, 4 September 2021.
 
Tulisan 'JOKOWI SEHAT?' tersebut menggunakan huruf kapital.
 
Pengendara bisa melihat coretan tersebut dari arah Balubur Town Square (Baltos), Jalan Tamansari, belok ke kiri menuju tanjakan ke Jalan Layang Pasupati. Tulisan ini berada di sebelah kiri dan berjarak 100 meter dari tanjakan tadi.
 
Salah seorang pengendara, Aldiansyah (25) mengaku baru mengetahui adanya coretan 'JOKOWI SEHAT?' itu, Sabtu, 4 September 2021.
 
 
Meski begitu, Aldiansyah tahu adanya mural maupun coretan bermuatan kritik yang muncul di Bandung lalu dihapus tak lama kemudian. Dia pun mempertanyakan maksud dan tujuan dari dihapusnya coretan atau mural bernuansa kritik ini yang dihapus petugas.
 
“Semakin ke sini justru makin banyak mural atau coretan bermuatan kritik Pemerintah. Kalau coretan ini (JOKOWI SEHAT?) dihapus lagi dengan dalih melanggar aturan, kenapa tulisan lain yang cuma nama-nama geng itu tidak dihapus? Kan, sama-sama merusak fasilitas publik dan langgar aturan juga,” katanya kepada ayobandung.com, Sabtu, 4 September 2021.
 
Pengendara lainnya, Dimas (20), mengaku baru mengetahui coretan tersebut ketika dia melintas di flyover Pasupati sore tadi.
 
“Baru tahu (ada coretan itu) pas lewat Jalan Layang Pasupati," ujarnya kepada Ayobandung.com, Sabtu, 4 September 2021.
 
Dia sama sekali tak keberatan mengenai adanya mural, coretan atau grafiti yang mengandung kritik sosial ataupun kritik terhadap kinerja dari Pemerintah yang akhir-akhir ini sering bermunculan.

“Karena mungkin memang cara masyarakat menyampaikan aspirasi seperti itu,” paparnya.
 
Coretan Kritik Ketua KPK Dihapus Petugas
 
Coretan yang menyindir ketua KPK Firli Bahuri berbunyi "Jadikan Koruptor Pahlawan Cara Firli Berantas Korupsi", akhirnya dihapus oleh petugas dari Satpol PP dan unsur kepolisian.

Coretan yang terletak di dekat jembatan Viaduct Kota Bandung itu dicat ulang oleh para petugas menggunakan cat hitam.

Staf Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Sumur Bandung Nina Kurniasari mengatakan, coretan sindiran terhadap ketua KPK itu dihapus lantaran dianggap melanggar ketentuan dari Peraturan Daerah (Perda) Nomor 9 Tahun 2019, yang mengatur tentang ketertiban umum, ketenteraman dan perlindungan masyarakat.

"Tadi ada laporan dari Polsek, kita didampingi oleh Polsek, sebetulnya kan ada fasilitas umum seperti ini (jembatan Viaduct) ada tulisan itu gak boleh apalagi di dalamnya menjelekkan seseorang atau sesuatu," kata Nina ketika ditemui di lokasi, Selasa, 31 Agustus 2021.
 
Mural Hitam Putih Mirip Jokowi Dihapus
 
Mural hitam putih mirip Presiden Jokowi dengan mata tertutup masker di badan Flyover Pasupati, Kota Bandung, juga dihapus.

Berdasarkan pantuan ayobandung.com di lokasi pada Rabu, 25 Agustus 2021, sekitar pukul 20.00 WIB, tempat mural mirip Presiden Jokowi itu kini tinggal bekasnya saja, dan seperti hasil sobekan kertas.

Bekas mural ini bisa dilihat oleh pengendara bila melintas dari arah Gasibu lalu melintas ke Jalan Prabu Dimuntur ke arah perempatan lampu lalu lintas.

Dari informasi yang dihimpun, mural itu tidak dicat langsung pada badan dinding flyover, melainkan digambar pada kertas kemudian ditempel menggunakan lem.

Karena itu, penghapusan mural itu menggunakan air untuk membasahi kertas agar mudah dihapus. Setelah itu baru dibersihkan dengan pisau.
 
Mural hitam putih mirip Presiden Jokowi di Bandung telah dihapus. Meski begitu, Ridwal Kamil sebenarnya tidak keberatan akan eksistensinya. (Ayobandung.com/Gelar Aldi S)


Salah seorang pengendara, Dimas mengaku baru mengetahui mural mirip Presiden Jokowi itu terpampang di dinding Flyover Pasupati.

Namun, ketika dia sedang melintas sekitar pukul 20.10 WIB, ia tak menyangka mural tersebut hilang dan telah dihapus.

"Tadi siang masih ada, tapi pas ke sini lagi udah gak ada," katanya kepada ayobandung.com.

Informasi yang didapat, sebelumnya mural itu dibersihkan oleh empat orang. Mereka menggunakan air dan pisau untuk menghapus cat mural tersebut.

Iya (dibersihkan pakai pisau). Bahannya kertas ditempel pakai lem," kata seorang petugas Satpol PP di lokasi.
 
Hingga kini tulisan 'JOKOWI SEHAT?' akankah dihapus atau tidak.

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Rumah Retak Akibat Blasting PT KCIC Ditinjau KLHK

Jumat, 22 Oktober 2021 | 19:44 WIB

Waspada, Ini Daerah Rawan Pohon Tumbang di Bandung

Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:56 WIB
X